Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya Pemilik Akun TikTok Nenek Mandi Lumpur Diperiksa Polisi

Kompas.com - 19/01/2023, 09:45 WIB
Idham Khalid,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah melakukan penelusuran, Polisi akhirnya menemukan pemilik akun TikTok @intan_komalasari92, yang kerap mengunggah konten nenek mandi lumpur untuk mendapat gift (hadiah), dengan memanfaatkan orang tua atau lansia.

Akun TikTok nenek mandi lumpur tersebut ternyata dikelola oleh pasangan suami Istri, masing-masing berinisial SAH dan IK yang tinggal di Desa Setanggor, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah.

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Artanto pada Rabu (18/1/2023) mengatakan kepada Kompas.com bahwa, keduanya kini sedang diperiksa Polres Lombok Tengah.

Baca juga: Bukan WhatsApp atau TikTok, Ini Aplikasi Paling Banyak Di-download Orang Indonesia

Polisi juga mendapatkan identitas orang yang pernah tampil dalam video nenek mandi lumpur di akun TikTok itu, mereka adalah LS (49), IR (54), dan HRT (43), yang ketiganya  memiliki hubungan keluarga dengan pemilik akun.

"Berdasarkan hasil klarifikasi dari sejumlah warga bahwa yang tampil pada akun TikTok tersebut tanpa ada paksaan dan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari gift (hadiah) yang diberikan oleh penonton dengan kesepakatan bagi hasil dengan pengelola akun TikTok," kata Artanto kepada Kompas.com.

TKP yang diduga sebagai tempat merekam konten ngemis mandi lumpurHumas Polda NTB TKP yang diduga sebagai tempat merekam konten ngemis mandi lumpur

Meski begitu, Polda NTB tetap menyelidiki kasus itu demi terciptanya ketertiban dan keamanan di wilayah tersebut.

"Hal ini dapat menimbulkan kegaduhan dan salah persepsi dari warga sehingga dapat mengganggu kamtibmas," kata Artanto.

Baca juga: Penonton Live Streaming Habiskan Jutaan Rupiah demi Sawer Kreator, Apa Motivasinya??

Artanto pun berharap warga lebih cerdas dalam menggunakan media sosial sehingga tidak menimbulkan kegaduhan.

Seperti diketahui, fenomena 'mengemis online' melalui platform live di TikTok sedang menjadi perbincangan warganet akhir-akhir ini.

Hal itu karena sejumlah orang yang mengaku kreator melakukan siaran langsung atau live di TikTok dengan melakukan kegiatan ekstrem atau tak wajar, seperti berendam di air hingga mandi lumpur, dengan aktor utama orang tua atau lansia.

Mereka memanfaatkan fitur 'gift' yang ada di TikTok dan berharap bisa mendapatkan gift dengan jumlah banyak dari penonton dan kemudian menukarnya dengan uang.

Editor: Dheri Agriesta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com