Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi-lagi, Internet Bekasi Paling Kencang Se-Indonesia Lampaui Jakarta

Kompas.com - 19/01/2023, 10:47 WIB

KOMPAS.com - Bekasi lagi-lagi menjadi kota dengan kecepatan internet mobile terkencang di Indonesia, mengungguli Jakarta. Hal ini berdasar survei yang dilakukan Situs penguji kecepatan internet, Ookla dalam laporan "Speedtest Global Index".

Dalam laporan ini, Ookla merangkum kecepatan internet mobile atau seluler, beserta kecepatan internet kabel (fixed broadband) dari lintas negara dan ratusan kota di seluruh dunia periode Desember 2022.

Indonesia juga termasuk dalam daftar negara yang dihitung kecepatan internetnya oleh Ookla. Dari satu negara, Ookla kemudian mengambil dua sampel kota yang paling representatif untuk dihitung kecepatan internetnya.

Baca juga: Cerita Warga Bekasi dan Bogor yang Selamat dari Kiamat TV Analog

Dua kota di Indonesia yang masuk dalam daftar itu ialah Jakarta dan Bekasi.

Secara umum laporan ini melibatkan 172 kota untuk diukur kecepatan internetnya, khususnya untuk kategori internet seluler. Adapun pengukuran internet kabel melibatkan hingga 192 kota di lintas negara.

Nah dari 172 kota itu, kecepatan internet Bekasi menempati posisi ke-127. Peringkatnya naik tujuh level dibanding November 2022 ketika Bekasi berada di peringkat 134.

Sementara itu Jakarta Selatan berada di posisi ke-134, naik tiga level dibanding peringkat pada November 2022, yaitu di peringkat 137.

Dari hasil itu menunjukkan bahwa kecepatan internet mobile Bekasi lebih cepat dibanding Jakarta.

Berdasarkan laporan Ookla dengan menggunakan aplikasi Speedtest, kecepatan internet mobile di Bekasi bila dirinci mencapai 19,80 Mbps untuk download, upload 11,85 Mbps dan latensinya 21 milidetik.

Kecepatan internet di Bekasi Desember 2022Ookla Kecepatan internet di Bekasi Desember 2022

Adapun kecepatan internet mobile Jakarta mencapai 18,44 Mbps untuk donwload, upload 11,37 Mbps dan latensinya 23 milidetik.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber Speedtest
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.