Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA Punya Teleskop Baru untuk Cari Kehidupan Alien di Luar Bumi

Kompas.com - Diperbarui 20/01/2023, 07:25 WIB

KOMPAS.com - Misi ambisius Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menemukan kehidupan makhluk luar angkasa (alien) di planet di luar Bumi masih akan terus berlanjut.

Untuk mencapai misi tersebut, NASA kini memperkenalkan teleskop ruang angkasa baru bernama "Habitable Worlds Observatory".

Berbeda dari teleskop luar angkasa lain yang pernah diluncurkan NASA, Habitable Worlds Observatory sejak awal memang didesain khusus untuk mendeteksi planet Goldilocks, planet yang memiliki tanda-tanda kehidupan.

Hal ini sesuai dengan nama teleskop ini sendiri, yaitu Habitable Worlds Observatory yang secara harfiah memiliki arti "Observatorium Dunia Layak Huni". Jadi, misi khusus Habitable Worlds Observatory bisa dibilang adalah menyelusur kehidupan alien di luar angkasa.

Baca juga: Teleskop Luar Angkasa Hubble Gunakan Kamera Ini untuk Potret Citra Galaksi

Direktur Divisi Astrofisika Direktorat Misi Sains NASA, Mark Clampin membagikan beberapa rincian mengenai teleskop Habitable Worlds Observatory yang diharapkan mulai dikembangkan pada 2029 dan dapat beroperasi pada awal 2040-an.

Teleskop Habitable Worlds Observatory rencananya bakal dibangun dengan nilai proyek 11 miliar dollar AS atau setara Rp 166,1 triliun.

Nilai proyek tersebut lebih mahal 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 15 triliun) dibandingkan James Webb Space Telescope (Teleskop Angkasa James Webb) yang baru mulai mengangkasa pada 25 Desember 2021 lalu yang berharga 10 miliar dollar AS (kira-kira Rp 150,9 triliun).

Gambar Galaksi Cartwheel dan dua galaksi pendampingnya yang berhasil dibidik Teleskop Luar Angkasa James Webb. Gambar galaksi ini jauh lebih detil dibandingkan yang pernah diambil sebelumnya.NASA, ESA, CSA, STScI via LIVE SCIENCE Gambar Galaksi Cartwheel dan dua galaksi pendampingnya yang berhasil dibidik Teleskop Luar Angkasa James Webb. Gambar galaksi ini jauh lebih detil dibandingkan yang pernah diambil sebelumnya.
Habitable Worlds Observatory bakal dibangun menjadi observatorium dengan teleskop 6 meter yang akan menangkap cahaya pada panjang gelombang optik, ultraviolet, dan inframerah-dekat.

Teleskop ini bakal menjadi teleskop paket lengkap karena dapat menangkap cahaya dari tiga panjang gelombang sekaligus. Pasalnya, sebagai perbandingan, teleskop luar angkasa Hubble yang sudah mengangkasa selama puluhan tahun terakhir melihat sebagian besar cahaya optik dan ultraviolet.

Baca juga: 8 Planet Baru di Luar Tata Surya yang Ditemukan NASA Sepanjang 2022

Sedangkan, James Webb Space Telescope menangkap gambar pada panjang gelombang inframerah menengah dan inframerah dekat saja.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber Gizmodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.