Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Pastikan PHK Terbesar Kedua di Microsoft Dimulai Hari Ini

Kompas.com - 19/01/2023, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Microsoft memastikan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sejumlah karyawannya. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh CEO Microsoft, Satya Nadella dalam sebuah memo perusahaan.

Dalam memo tersebut, Nadella menuliskan PHK karyawan Microsoft berimbas pada 10.000 karyawan, yang dimulai per hari ini, hingga akhir Maret 2023. Jumlah karyawan yang di-PHK ini jadi yang terbesar kedua setelah PHK 2014 lalu.

Menurut Nadella, PHK dilakukan karena Microsoft perlu menyelaraskan struktur biaya dengan pendapatannya, serta mempertimbangkan permintaan konsumen.

"Kami perlu berupaya menghasilkan bisnis yang bekelanjutan, sambil berinvestasi dalam jangka panjang,” tulis Nadella dalam memo karyawan, dikutip KompasTekno dari Geek Wire, Kamis (19/1/2023).

Baca juga: Ini HP yang Dipakai Bill Gates Saat Ini, Bukan Bikinan Microsoft

Jumlah 10.000 karyawan itu sendiri adalah sekitar 5 persen dari total keseluruhan karyawan Microsoft. Per 2022 lalu, Microsoft tercatat memiliki 220.000 karyawan.

Menurut laporan Departemen Keamanan Ketenagakerjaan AS, 878 karyawan Microsoft yang tersebar di kantor Washington yang terkena imbas PHK ini.

Microsoft juga memberi tahu investor bakal menggunakan uang 1,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 18 miliar pada kuartal II-2023, untuk biaya pesangon, perubahan portofolio produk hardware, dan biaya konsolidasi sewa kantor akibat kepadatan karyawan.

Strategi lainnya, Microsoft bakal berinvestasi di beberapa area yang dinilai menjanjikan di masa mendatang, mengalokasikan modal dan bakat yang dimiliki ke bidang yang mempunyai pertumbuhan signifikan serta memiliki daya saing jangka panjang, serta melakukan pengurangan aset (divestasi).

“Keputusan ini merupakan salah satu yang tersulit yang pernah kami buat selama 47 tahun berdiri, di mana kami berupaya agar tetap menjadi perusahaan yang berdampak dan terus berdaptasi dalam industri yang tidak kenal ampun ini,” pungkas Nadella.

PHK kedua terbesar

PHK 10.000 karyawan ini merupakan yang kedua terbesar dalam sejarah Microsoft. Sebelumnya, Microsoft memangkas 18.000 karyawan pada 2014, beberapa bulan setelah Nadella menjabat sebagai CEO. Pemangksan tersebut berimbas pada divisi perangkat Nokia dan layanan bisnis.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber Geek Wire
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.