Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Hardware, Fungsi, dan Contohnya

Kompas.com - 20/01/2023, 03:00 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Selain software atau perangkat lunak, dalam setiap perangkat teknologi juga dilengkapi dengan hardware atau perangkat keras.

Kedua perangkat tersebut, yakni software dan hardware saling melengkapi dalam setiap perangkat teknologi. Perangkat lunak dan perangkat keras saling bergantung satu sama lain untuk memungkinkan komputer menghasilkan output yang berguna.

Oleh karena itu, software harus dirancang agar bisa bekerja dengan baik bersama hardware. Jika dalam sebuah perangkat teknologi terdapat virus, trojan horse, dan lain sebagainya, dapat berdampak pada program komputer dan OS sistem.

Akan tetapi, hardware tidak akan bisa terpengaruh oleh perangkat lunak berbahaya atau malware. Untuk mengetahui lebih jauh tentang perangkat keras komputer, berikut KompasTekno telah merangkum pengertian, fungsi, hingga contoh-contoh hardware.

Baca juga: Perbedaan Komponen Hardware, Software, dan Brainware dalam Komputer

Pengertian Hardware

Istilah hardware atau perangkat keras merujuk pada komponen fisik komputer yang bisa dilihat oleh mata dan dipegang.

Dilansir dari Tech Target, perangkat keras/hardware adalah setiap elemen komputer yang bersifat fisik. Seperti monitor, keyboard, microchip, hard drive, dan berbagai komponen lainnya. Hardware dapat dikategorikan menjadi komponen internal dan eksternal.

Komponen internal diperlukan agar komputer dapat berfungsi dengan baik ketika dioperasikan. Komponen internal secara kolektif memproses atau menyimpan instruksi yang disampaikan oleh program atau sistem operasi (OS).

Sementara komponen eksternal atau yang biasa disebut perangkat periferal, dipasang ke komputer untuk menambah dan meningkatkan fungsionalitas komputer. Komponen hardware eksternal merupakan item yang sering dihubungkan secara eksternal ke komputer untuk mengontrol fungsi input dan output.

Hardware eksternal ini dirancang untuk memberikan instruksi ke perangkat lunak (input) atau memberikan hasil dari eksekusinya (output).

Baca juga: Mengenal 3 Komponen Sistem Komputer: Hardware, Software, dan Brainware

Fungsi Hardware

Hardware mengacu pada fisik, peralatan, dan perangkat komputer yang berwujud. Fungsi utama dari perangkat keras komputer adalah memberikan dukungan untuk fungsi utama komputer. Seperti input, pemrosesan, output, penyimpanan sekunder, dan komunikasi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.