Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul?

Kompas.com - 20/01/2023, 12:05 WIB

KOMPAS.com - Kenapa notifikasi WhatsApp (WA) tidak muncul? Padahal, bisa jadi ada notifikasi yang ditunggu-tunggu, misalnya saja informasi penting dari rekan kerja atau kerabat.

Seperti diketahui, fitur notifikasi cukup berguna bagi pengguna WhatsApp untuk memberi tahu apabila ada pesan yang masuk. Secara default, notifikasi WhatsApp akan muncul di layar ponsel ketika ada pesan baru masuk.

Namun, ada kalanya notifikasi WhatsApp tidak muncul di layar ponsel. Dalam beberapa kasus, pengguna baru mengetahui ada pesan baru ketika membuka aplikasi WhatsApp. Hal tersebut tentu akan mengganggu, apalagi jika ada pesan yang cukup penting.

Baca juga: Apa Fungsi Fitur Proxy WhatsApp dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Lantas, kenapa notifikasi WhatsApp tidak muncul?

Penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul

Melansir laman bantuan WhatsApp, ada sejumlah hal yang menyebabkan notifikasi WA tidak muncul. Berikut penyebabnya:

1. Perangkat tidak tersambung internet atau koneksi tidak stabil

Notifikasi WhatsApp tidak muncul bisa jadi karena koneksi internet yang tidak stabil. Seperti diketahui, komunikasi di aplikasi WhatsApp mengandalkan koneksi internet.

Ada kemungkinan, perangkat yang Anda gunakan belum tersambung ke internet karena alasan tertentu. Misalnya, ada masalah jaringan di penyedia internet yang digunakan atau paket data di ponsel tidak cukup untuk tersambung ke internet.

2. Aplikasi WhatsApp error

Alasan kenapa notifikasi WhatsApp tidak muncul bisa jadi karena ada ganggguan pada sistem perangkat lunak atau software. Aplikasi WhatsApp versi lama mungkin saja sering mengalami error karena belum diperbarui.

3. Terjadi kesalahan di pengaturan notifikasi

Kemungkinan lain kenapa notifikasi WhatsApp tidak muncul adalah karena ada kesalahan dalam konfigurasi pengaturan pemberitahuan perangkat.

Saat opsi notifikasi aplikasi dimatikan, otomatis ponsel tidak bakal menampilkan pemberitahuan, termasuk pada pesan atau panggilan yang baru masuk di WhatsApp.

Baca juga: Cara Mematikan Notifikasi WhatsApp di Windows 10

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.