Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul?

Kompas.com - 20/01/2023, 12:05 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Kenapa notifikasi WhatsApp (WA) tidak muncul? Padahal, bisa jadi ada notifikasi yang ditunggu-tunggu, misalnya saja informasi penting dari rekan kerja atau kerabat.

Seperti diketahui, fitur notifikasi cukup berguna bagi pengguna WhatsApp untuk memberi tahu apabila ada pesan yang masuk. Secara default, notifikasi WhatsApp akan muncul di layar ponsel ketika ada pesan baru masuk.

Namun, ada kalanya notifikasi WhatsApp tidak muncul di layar ponsel. Dalam beberapa kasus, pengguna baru mengetahui ada pesan baru ketika membuka aplikasi WhatsApp. Hal tersebut tentu akan mengganggu, apalagi jika ada pesan yang cukup penting.

Baca juga: Apa Fungsi Fitur Proxy WhatsApp dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Lantas, kenapa notifikasi WhatsApp tidak muncul?

Penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul

Melansir laman bantuan WhatsApp, ada sejumlah hal yang menyebabkan notifikasi WA tidak muncul. Berikut penyebabnya:

1. Perangkat tidak tersambung internet atau koneksi tidak stabil

Notifikasi WhatsApp tidak muncul bisa jadi karena koneksi internet yang tidak stabil. Seperti diketahui, komunikasi di aplikasi WhatsApp mengandalkan koneksi internet.

Ada kemungkinan, perangkat yang Anda gunakan belum tersambung ke internet karena alasan tertentu. Misalnya, ada masalah jaringan di penyedia internet yang digunakan atau paket data di ponsel tidak cukup untuk tersambung ke internet.

2. Aplikasi WhatsApp error

Alasan kenapa notifikasi WhatsApp tidak muncul bisa jadi karena ada ganggguan pada sistem perangkat lunak atau software. Aplikasi WhatsApp versi lama mungkin saja sering mengalami error karena belum diperbarui.

3. Terjadi kesalahan di pengaturan notifikasi

Kemungkinan lain kenapa notifikasi WhatsApp tidak muncul adalah karena ada kesalahan dalam konfigurasi pengaturan pemberitahuan perangkat.

Saat opsi notifikasi aplikasi dimatikan, otomatis ponsel tidak bakal menampilkan pemberitahuan, termasuk pada pesan atau panggilan yang baru masuk di WhatsApp.

Baca juga: Cara Mematikan Notifikasi WhatsApp di Windows 10

Cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul

1. Cek koneksi internet

Apabila kendala jaringan menjadi penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul, cobalah untuk mengecek koneksi internet. Pastikan perangkat terhubung ke jaringan yang lebih stabil.

Apabila perangkat tidak tersambung internet, coba hubungkan ulang koneksi. Caranya, aktifkan mode pesawat di ponsel untuk mematikan sambungan jaringan internet seluler.

Tunggu sekitar 30 detik, lalu matikan mode pesawat, dengan cara klik ikon pesawat di menu pengaturan cepat.

Jika ponsel terhubung dengan jaringan WiFi, Anda bisa mematikan dan mengaktifkan lagi sambungan WiFi di ponsel, dengan cara klik ikon sinyal WiFi pada menu pengaturan cepat.

2. Pastikan penggunaan data di latar belakang aktif

Setiap smartphone, baik menjalankan sistem oeprasi Android maupun iOS, memiliki fitur yang memungkinkan penggunaan data internet tetap bisa berjalan di aplikasi yang berada di latar berlakang.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com