Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 35.000 Akun PayPal Dibobol Hacker, Data Pengguna Dicuri

Kompas.com - 20/01/2023, 13:15 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Platform pembayaran dan transfer uang online, PayPal, pekan ini mengonfirmasi ada sekitar 35.000 akun PayPal telah diretas. Perusahaan mengatakan aksi peretasan ini terjadi pada 6-8 Desember 2022 lalu.

Selama dua hari tersebut peretas disinyalir telah mencuri sejumlah data dan informasi penting terkait akun-akun yang mereka bobol.

Data dan informasi yang dicuri mencakup nama pengguna, tanggal lahir, alamat rumah, nomor kartu identitas, riwayat transfer, informasi kartu kredit atau kartu debit yang terhubung dengan akun, dan masih banyak lagi.

Meski beberapa identitas pribadi pengguna dicuri, PayPal memastikan bahwa akun-akun tersebut tidak melakukan transaksi mencurigakan atau yang menguras rekening pengguna. 

Baca juga: ChatGPT Disalahgunakan Hacker untuk Bikin Malware

PayPal melanjutkan puluhan ribu akun yang diretas tersebut saat ini diklaim sudah berhasil diamankan. Akun-akun tersebut dibobol menggunakan metode credential stuffing

Credential stuffing adalah suatu metode serangan siber (cyber attack), di mana peretas membobol sebuah akun menggunakan beragam jenis kata sandi (password) yang sudah bocor dan tersebar di internet. 

Artinya, hacker yang membobol sekitar 35.000 akun ini tidak meretas server PayPal untuk melakukan aksinya. 

Memasukkan password berkali-kali

Dengan metode credential stuffing ini oeretas menargetkan sejumlah akun pengguna yang dianggap memakai kata sandi yang sudah bocor dan tersebar di internet.

Biasanya, tak sedikit pengguna memakai password yang sama untuk banyak akun, dan salah satu akun online milik mereka bisa saja termasuk dalam suatu kasus kebocoran data. 

Pelaku credential stuffing PayPal ini lantas memasukkan beragam password yang bocor ini ke akun PayPal yang diincar berkali-kali. Hacker menggunakan beragam kombinasi, hingga akun tersebut terbuka.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.