Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Google Home, Cara Kerja, dan Fungsinya

Kompas.com - 20/01/2023, 17:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Seiring meningkatnya ketersediaan jaringan internet yang cukup cepat dan stabil, mulai banyak masyarakat yang memanfaatkan perangkat smart home.

Melansir Smart Home Energy, smart home adalah seperangkat pengaturan yang diimplementasikan dalam sebuah rumah berisi perangkat-perangkat yang terhubung dengan internet dan dapat diprogram, serta bisa dikendalikan lewat smartphone atau komputer dari jarak jauh.

Dengan smart home, pengguna bisa mengontrol perangkat di rumah untuk akses keamanan rumah, suhu, pencahayaan, dan lainnya dari jarak jauh.

Salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengoperasikan smart home adalah Google Home yang dikontrol melalui Google Assistant. Melalui aplikasi Google Home, pengguna dapat mengontrol beragam peralatan rumah, seperti mengaktifkan dan menonaktifkan perangkat. 

Untuk mengetahui lebih jauh tentang Google Home, berikut KompasTekno telah merangkum ulasannya.

Baca juga: Samsung SmartThings dan Google Home Makin Akur

Apa itu Google Home

Google Home merupakan aplikasi smart home yang saat ini disertakan dalam berbagai tipe rumah. Aplikasi ini memungkinkan pemilik rumah dapat mengontrol semua peralatan teknologi untuk berhenti dan bekerja melalui smartphone.

Bahkan beberapa perabotan bisa diatur dan diberikan timer. Dengan pengontrolan yang bisa dilakukan dari mana saja. Fungsi ini tentu memudahkan pengguna dapat mengontrol perangkat secara lebih praktis dan efisien. 

Tak hanya menguntungkan bagi pengguna pribadi. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan sebagai daya jual menarik bagi para pengusaha rumah hunian. 

Cara kerja Google Home

Google Home diintegrasikan dengan berbagai perabotan rumah tangga yang kompatibel dengan Google Assistant. Sementara untuk perabotan yang tidak memiliki fitur asisten Google di dalamnya, tidak bisa mengoperasikan aplikasi Google Home.

Anda hanya perlu menghubungkan perabotan seperti kamera, lampu, speaker, CCTV, dan lain sebagainya dengan aplikasi Google Home untuk bisa mengontrolnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.