Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wikipedia Ubah Tampilan Website Setelah 10 Tahun, tapi...

Kompas.com - 21/01/2023, 13:30 WIB

KOMPAS.com - Ensiklopedia online, Wikipedia, akhirnya melakukan perombakan tampilan di lamannya setelah lebih dari satu dekade (10 tahunan). Lembaga non-profit Wikimedia Foundation, pemilik Wikipedia, mengumumkan pembaruan tersebut di laman resminya.

Perombakan tersebut ditujukan untuk memudahkan pengguna mengakses laman Wikipedia, sehingga pengguna internet dari generasi mendatang bisa lebih nyaman dan leluasa untuk mencari informasi.

“Tampilan baru Wikipedia berbasis desktop dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna dari generasi mendatang, agar memudahkan semua orang, terlepas dari kebiasaan mereka berinternet, untuk mencari informasi yang terpercaya dan dapat diandalkan,” tulis Wikimedia Foundation.

Baca juga: Pendiri Wikipedia Bikin Medsos Bebas Iklan Pesaing Facebook

Kendati begitu, perubahan laman versi lama dan baru yang dilakukan terlihat tidak terlalu berbeda atau bahkan bisa tidak disadari sama sekali.

Sebab, perombakan laman tersebut hanya mengubah tampilan-tampilan yang bersifat minor saja. Misalnya, memperbesar ukuran tulisan, membuat jarak antar baris kalimat lebih renggang dari sebelumnya, dan sebagainya.

Pantauan KompasTekno, kini halaman Wikipedia telah memperbaharui kolom pencarian artikel yang disisipi dengan gambar. Misal, saat mengetik kata “Indonesia”, terdapat jendela rekomendasi artikel serupa yang menampilkan gambar kecil di sebelah kiri dan deskripsi singkat di sebelah kanan.

Tampilan search box Wikipedia yang baru (Kompas.com/Caroline Saskia Tanoto)Kompas.com Tampilan search box Wikipedia yang baru (Kompas.com/Caroline Saskia Tanoto)

Penambahan visual gambar di samping tulisan dinilai cukup membantu pengguna memilih artikel yang dibutuhkan. Sehingga, proses pencarian menjadi lebih cepat dan efisien. Saat pembaruan tersebut diuji coba, Wikimedia Foundation mencatat adanya peningkatan pencarian pengguna sebanyak 30 persen.

Kebaruan lainnya, saat mengakses laman tertentu (misal: Indonesia), pengguna tidak perlu repot-repot lagi harus menggulir isi artikel dari atas ke bawah untuk melihat judul artikel. Dikarenakan, Wikimedia membuat tajuk judul artikel dengan model menempel (sticky header).

Jadi, walaupun pengguna menggulir layar ke bawah untuk membaca keseluruhan artikel, judul artikel akan ikut berpindah dan menempel di atas sampai artikel tersebut selesai di bawah.

Tampilan header judul Wikipedia diubah ke model sticky header. Jadi, saat digulir ke atas ataupun ke bawah, judul artikel akan berpindah dan menempel di atas mengikuti pergerakan layarTech Crunch Tampilan header judul Wikipedia diubah ke model sticky header. Jadi, saat digulir ke atas ataupun ke bawah, judul artikel akan berpindah dan menempel di atas mengikuti pergerakan layar

Baris judul dari artikel di sebelah kanan atas juga disertai ikon edit artikel dan pengaturan bahasa. Sebelumnya, ikon pengaturan bahasa diletakkan di sisi sebelah kiri bawah laman. Dengan perubahan ini, pengaturan bahasa bisa menjadi lebih efisien juga. Hanya saja, fitur tersebut tersedia untuk pengguna Wikipedia yang sudah terdaftar dan memiliki akun.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.