Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Brainware, Fungsi, Jenis-jenis dan Contohnya

Kompas.com - 22/01/2023, 03:00 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Dalam komputer terdapat tiga komponen utama dan penting. Komponen tersebut meliputi software, hardware, dan brainware. Masing-masing dari perangkat tersebut memiliki peran yang berbeda. Namun dapat menyatukan seluruh sistem komputer.

Brainware adalah seseorang yang menggunakan perangkat komputasi. Fungsi brainware secara ringkas adalah memastikan perangkat komputasi berjalan dengan baik.

Lantas apa yang dimaksud brainware lebih luas lagi? Selengkapnya KompasTekno mengulas pengertian brainware, fungsi, dan jenis-jenisnya di sini.

Baca juga: Pengertian Sistem Komputer dan Komponennya

Pengertian brainware

Dalam buku Interaksi Manusia dan Komputer karya Tri Rachmadi, brainware dapat diartikan sebagai manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer. 

Brainware berperan untuk memastikan perangkat komputer yang digunakan beroperasi sesuai dengan keinginan pengguna.

Istilah lain dari brainware adalah perangkat intelektual. Hal tersebut dikarenakan software dan hardware secanggih apa pun pada perangkat komputer tidak akan berfungsi jika tanpa adanya brainware. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa hubungan hardware, software, dan brainware saling berkaitan satu sama lain yang membuat program komputer lancar digunakan.

Fungsi brainware

Brainware memiliki beberapa fungsi utama dalam menunjang berjalannya sistem komputer saat beroperasi antara lain:

Sebagai administrator

Administrator adalah pengguna yang bekerja sebagai pengelola sebuah sistem pada komputer. Seorang administrator memiliki tugas memastikan struktur jaringan pada komputer agar beroperasi dengan baik dan maksimal.

Sebagai operator

Operator merupakan seorang yang melakukan perawatan (maintanance) dan menjalankan sistem komputer. Selain itu peran operator juga memantau dan memastikan perangkat komputer berjalan dengan baik.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.