Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Unreg Kartu Axis lewat SMS ke 4444 dengan Mudah dan Cepat

Kompas.com - 22/01/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

Sumber axis.co.id

KOMPAS.com - Semua pelanggan kartu seluler dari berbagai operator di Indonesia, tak terkecuali Axis, wajib melakukan registrasi, sebagaimana tertuang di Peraturan Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika Nomor 12 Tahun 2016 beserta perubahannya.

Registrasi kartu Axis wajib dilakukan pelanggan dengan menyertakan data NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan nomor KK (Kartu Keluarga). Jika tak diregistrasi maka pelanggan bakal tidak bakal bisa dipakai buat mengakses layanan SMS, internet, dan telepon.

Baca juga: Pengguna XL dan Axis Bisa Utang Pulsa jika Darurat, Begini Caranya

Dalam peraturan yang disebutkan di atas, satu NIK maksimal hanya bisa digunakan untuk registrasi pada tiga nomor. Bila ingin menambah lagi, pelanggan perlu menghapus atau membatalkan registrasi (unreg) data NIK di salah satu dari tiga nomor yang lain.

Nomor atau kartu Axis yang sudah diregistrasi dasarnya bisa dibatalkan. Selain untuk menambah nomor lagi, unreg kartu Axis juga diperlukan apabila data registrasi yang dimasukkan pelanggan ternyata tidak sesuai dengan miliknya sendiri.

Dengan unreg kartu Axis, data NIK dan KK yang telah terdaftar tetapi tidak sesuai bakal dihapus. Kemudian, pelanggan bisa memasukkan lagi data NIK dan KK yang sesuai dengan miliknya sendiri.

Lalu, bagaimana cara unreg kartu Axis? Untuk unreg kartu Axis, caranya tidaklah sulit. Unreg kartu Axis bisa dilakukan dengan mengirim SMS ke 4444. Penjelasan yang lebih lengkap soal cara unreg kartu Axis bisa dibaca di bawah ini.

Cara unreg kartu Axis vis SMS ke 4444

  • Buka aplikasi pesan SMS yang terdapat di ponsel.
  • Kemudian, ketik SMS dengan format seperti ini “UNREG#Nomor Ponsel” (tanpa tanda kutip). Misalnya, “UNREG#087851111308”.
  • Setelah itu, kirim SMS dengan format tersebut ke 4444.
  • Tunggu beberapa saat hingga data registrasi berhasil dihapus atau dibatalkan.

Cukup mudah bukan untuk unreg kartu Axis? Itulah penjelasan seputar cara unreg kartu Axis dengan mudah via SMS ke 4444, sebagaimana dilansir laman resmi Axis.

Sebagai informasi tambahan, setelah melakukan unreg kartu Axis, pelanggan tidak akan bisa mengakses layanan telepon, internet, atau SMS. Supaya mengakses layanan itu, kartu Axis perlu untuk diregistrasi kembali.

Baca juga: 3 Cara Cek Kuota Axis lewat Website, Kode USSD, dan AxisNet

Bila hendak melakukan registrasi kartu Axis, caranya bisa dibaca lebih lanjut di artikel ini "2 Cara Registrasi Kartu Axis via SMS dan Website dengan Mudah”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber axis.co.id


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com