Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerahnya Layar Xiaomi 13 Sampai Diklaim Pecahkan Rekor

Kompas.com - 23/01/2023, 10:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Xiaomi 13 diklaim memecahkan rekor sebagai ponsel dengan kecerahan layar yang tertinggi dibanding ponsel Android lainnya.

Dalam postingan di media sosial China - Weibo, pendiri Xiaomi Lei Jun sesumbar bahwa layar Xiaomi 13 memiliki kecerahan layar tertinggi di antara ponsel Android.

Ia juga mengeklaim tampilan layar flagship Xiaomi itu begitu mulus, sehingga pengguna tidak akan menemukan celah apapun.

"Kecerahan layar tertinggi di antara flagship Android saat ini, efek layarnya begitu bagus," tulis Lei Jun melalui akun pribadinya di Weibo.

Screenshot postingan pendiri Xiaomi di WeiboLei Jun Screenshot postingan pendiri Xiaomi di Weibo

Secara teknis, kecerahan puncak layar Xiaomi 13 mencapai 1.900 nits. Sementara itu, kecerahan layar ponsel umumnya sampai 1.200 nits. Dengan kata lain, Xiaomi 13 menawarkan kecerahan yang tinggi ketimbang ponsel pada umumnya.

Baca juga: Tampang dan Spesifikasi Xiaomi 13 Lite Terungkap

Pencapaian itu didapat Xiaomi 13 berkat dukungan komponen layar E6 yang disediakan oleh Samsung. Komponen ini menjadi kunci yang menentukan kecerahan layar OLED, dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Senin (23/1/2023).

E6 juga menjadi komponen layar teranyar Samsung, penerus dari E5 dan E4. Sebagai suksesor, kecerahan layar dengan komponen E6 bisa mencapai 1900 nits, lebih tinggi 900 nits dibanding E5 dan 1.100 nits dibanding E4.

Selain menawarkan kecerahan layar yang tinggi, layar Xiaomi juga tampil dengan bezel yang ramping. Dukungan ini turut membuat tampilan ponsel kian premium.

Fitur lainnya yang turut menyertai layar Xiaomi 13 yaitu resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, Dolby Vision hingga HDR10+.

Xiaomi 13 sendiri memulai debutnya pada pertengahan Desember 2022. Ponsel ini hadir dalam dua model, meliputi Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro.

Kedua model Xiaomi 13 ditenagai dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2. Selain itu, kedua ponsel ini juga sama-sama mengadopsi kamera dengan lensa buatan perusahaan kamera kenamaan asal Jerman, Leica, untuk meningkatkan pengalaman fotografi.

Xiaomi 13 dibekali tiga kamera belakang, terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8, OIS), kamera telephoto 10 MP (f/2.0, 3,2x optical zoom), dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2, bidang pandang 120 derajat).

Baca juga: 6 Jenis Pelindung Layar HP serta Kelebihan dan Kekurangannya

Sementara itu kamera belakang Xiaomi 13 Pro terdiri dari kamera utama 50,3 MP (f/1.9, OIS), kamera telephoto 50 MP (f/2.0, 3,2 x optical zoom), dan kamera ultrawide 50 MP (f/2.2, AF, bidang pandang 115 derajat.

Meski resolusi kamera belakangnya agak berbeda, kedua ponsel ini memiliki resolusi kamera depan yang sama, yaitu 32 MP.

Sejauh ini Xiaomi 13 series tersedia di China seharga mulai 3.999 yuan atau sekitar Rp 8,9 juta.

Belum ada informasi ataupun tanda-tanda Xiaomi 13 dan 13 Pro bakal turut dipasarkan di Indonesia. Namun dengan dirilisnya Xiaomi 12 di Indonesia, besar kemungkinan Xiaomi 13 sebagai suksesornya juga diboyong ke Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com