Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Promo Samsung "Spill" Fitur Penting di Kamera Galaxy S23 Ultra

Kompas.com - 23/01/2023, 19:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S23 series bakal dirilis sebentar lagi, tepatnya dalam acara Galaxy Unpacked yang digelar 1 Februari waktu Amerika Serikat atau tanggal 2 Februari dini hari waktu Indonesia.

Seperti tradisi Samsung sebelumnya, Galaxy S23 series diyakini hadir dalam tiga model meliputi Galaxy S23 'reguler', Galaxy S23 Plus dan Galaxy S23 Ultra.

Sebagai model tertinggi, Galaxy S23 Ultra konon akan membawa kamera utama 200 MP, kamera ultrawide 12 MP dan dua kamera telefoto 10 MP, masing-masing didukung zoom optik 3 kali dan 10 kali.

Yang menarik, kamera belakang Galaxy S23 Ultra juga akan mendukung zoom digital sampai 100 kali. Dengan serangkaian konfigurasi itu, lantas fitur apakah kamera ini cocok digunakan untuk memotret penampakan bulan di malam hari?

Baca juga: Bocoran Harga Samsung Galaxy S23 Series di AS Beredar, Termurah Rp 12 Juta

Nah, menurut video promosi yang diunggah Samsung di YouTube Shorts, ponsel baru perusahaan akan dibekali peningkatan fitur fotografi khususnya untuk malam hari. Hal ini terlihat dari gambar bulan dan tulisan "moon" (bulan) yang menyertai postingan video itu.

Video promosi Samsung Galaxy S23Samsung Video promosi Samsung Galaxy S23

Video singkat itu juga menyertakan keterangan "malam yang epik akan datang", menyiratkan bahwa kamera Galaxy S23 series mampu menunjang fotografi malam hari dengan kualitas yang bagus.

Meski tak menyebutkan seri ponsel dalam video tersebut, peningkatan fitur fotografi malam diduga kuat akan hadir untuk Galaxy S23 Ultra sebagai model tertinggi dari Galaxy S23 series.

Sebab, rumor sebelumnya menyebut bahwa Galaxy S23 Ultra akan didukung sensor 200 MP ISOCELL HP2. Sensor itu dibekali banyak fitur yang mendukung fotografi malam atau lingkungan minim cahaya.

Fitur penunjang fotografi malam sendiri biasa disebut Samsung sebagai fitur "Nightography", yaitu fitur yang memungkinkan pengguna mengambil foto dengan detail yang jelas dan optimal, meskipun gelap atau minim cahaya.

Dengan kata lain, pengguna bisa mendapatkan foto malam yang mulus tanpa efek buram. Fitur ini juga bakal menyertai ponsel baru Samsung yang dirilis di "Galaxy Unpacked" awal Februari nanti, sebagaimana keterangan perusahaan dalam video singkatnya.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Mau Rilis, Galaxy S22 di Indonesia Turun Harga

Bocoran spesifikasi Galaxy S23 series

Menurut serangkaian bocoran di internet, Samsung Galaxy S23 series akan tampil dengan layar berlubang untuk menunjang kamera depan 12 MP.

Selain itu, baik Galaxy S23 'reguler', Galaxy S23 Plus maupun Galaxy S23 Ultra bakal didukung pelindung layar Gorilla Glass Victus 2, HDR10 Plus, pemindai sidik jari di bawah layar, speaker stereo dengan Dolby Atmos, pengisian ulang nirkabel serta sertifikasi IP68 agar tahan dari debu dan air.

Ketiganya juga akan ditenagai oleh prosesor yang sama, yaitu prosesor terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 2, setidaknya untuk pasar Prancis dan Jerman sebagaimana petunjuk dari lembar spesifikasi Galaxy S23 series yang bocor.

Namun, belum diketahui apakah Samsung akan menyediakan Galaxy S23 series versi Exynos atau tidak. Adapun RAM dan penyimpanan internalnya hadir dalam banyak opsi, mulai dari RAM 8 GB hingga penyimpanan 1 TB.

Bocoran warna Samsung Galaxy S23 seriesSam Mobile Bocoran warna Samsung Galaxy S23 series

Galaxy S23 Ultra konon akan hadir dengan opsi RAM 8 GB sampai 12 GB dan memori internal 256 GB, 512 GB serta 1 TB. Sementara model Galaxy S23 reguler dan S23 Plus akan tersedia dalam opsi RAM 8 GB dengan pilihan kapasitas penyimpanan 128 GB atau 512 GB.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com