Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Pertama Pakai Samsung Galaxy A14 5G, Ponsel 5G Murah yang "Naik Kelas"

Kompas.com - Diperbarui 29/01/2023, 10:49 WIB

KOMPAS.com - Samsung resmi merilis smartphone 5G terbarunya di Indonesia yang bernama Galaxy A14 5G pekan lalu. Perangkat ini menjadi ponsel 5G termurah Samsung di Tanah Air saat ini. Harga Samsung A14 5G di Indonesia dibanderol Rp 3 juta untuk varian RAM 6 GB/128 GB.

Secara desain, Galaxy A14 5G bisa dibilang merupakan ponsel entry-level Samsung yang "naik kelas". Sebab selain kehadiran 5G di ponsel kelas bawah, desain ponsel ini juga terbilang cukup menawan. 

Keindahan Samsung A14 5G sudah terlihat pada bagian belakangnya. Pasalnya, cangkang ponsel tersebut kini dihiasi dengan tampilan (finishing) glossy yang memiliki tekstur cenderung kasar.

Baca juga: Resmi Meluncur, Galaxy A14 Jadi HP 5G Termurah Samsung di Indonesia

Dengan tekstur seperti itu, perangkat ini nyaman untuk digenggam berlama-lama. Selain itu, cangkang ponsel ini juga "ramah" dengan keringat dan sidik jari. Artinya, pengguna tak perlu sering-sering membersihkan cangkan ponsel dari bekas jari yang menempel. 

Masih berbicara bagian punggung, di sisi ini terdapat tiga buah modul kamera yang disusun secara vertikal.

Keindahan Galaxy A14 5G sudah terlihat pada bagian belakangnya. Pasalnya, cangkang ponsel tersebut kini dihiasi dengan tampilan (finishing) glossy yang memiliki tekstur cenderung kasar.

Dengan tekstur seperti itu, perangkat ini nyaman untuk digenggam berlama-lama. Selain itu, cangkang ponsel ini juga ramah dengan minyak dan sidik jari. Artinya, pengguna tak perlu sering-sering membersihkan cangkan ponsel dari bekas jari yang menempel. 
Hal menarik lainnya dari punggung Galaxy A14 5G adalah varian warna yang disediakan. Kebetulan KompasTekno mendapatkan varian warna baru Galaxy A14 5G, yaitu Dark Red.

Varian warna ini terlihat cukup elegan dan cantik, lantaran mirip dengan warna merah gelap nan mewah ala warna Burgundy di Galaxy S22 Ultra. Selain warna ini, Galaxy A14 5G juga tersedia dalam varian warna Silver dan Black.KOMPAS.com/Bill Clinten Keindahan Galaxy A14 5G sudah terlihat pada bagian belakangnya. Pasalnya, cangkang ponsel tersebut kini dihiasi dengan tampilan (finishing) glossy yang memiliki tekstur cenderung kasar. Dengan tekstur seperti itu, perangkat ini nyaman untuk digenggam berlama-lama. Selain itu, cangkang ponsel ini juga ramah dengan minyak dan sidik jari. Artinya, pengguna tak perlu sering-sering membersihkan cangkan ponsel dari bekas jari yang menempel. Hal menarik lainnya dari punggung Galaxy A14 5G adalah varian warna yang disediakan. Kebetulan KompasTekno mendapatkan varian warna baru Galaxy A14 5G, yaitu Dark Red. Varian warna ini terlihat cukup elegan dan cantik, lantaran mirip dengan warna merah gelap nan mewah ala warna Burgundy di Galaxy S22 Ultra. Selain warna ini, Galaxy A14 5G juga tersedia dalam varian warna Silver dan Black.

Ketiga kamera ini, yang masing-masing beresolusi 50 MP, 2 MP (macro), dan 2 MP (depth sensor), tidak dimuat dalam sebuah modul, melainkan seakan "dilekatkan" begitu saja di atas permukaan cangkang prangkat. 

Hal menarik lainnya dari punggung Galaxy A14 5G adalah varian warna yang disediakan. Kebetulan KompasTekno mendapatkan varian warna baru Galaxy A14 5G, yaitu Dark Red.

Varian warna ini terlihat cukup elegan dan cantik, lantaran mirip dengan warna merah gelap nan mewah ala warna Burgundy di Galaxy S22 Ultra. Selain warna ini, Galaxy A14 5G juga tersedia dalam varian warna Silver dan Black.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A14 5G di Indonesia

Layar lega dan responsif

Beralih ke bagian depan Samsung A14 5G, ponsel ini dibekali dengan layar yang cukup lega dengan ukuran 6,6 inci dan resolusi Full HD Plus, serta cukup responsif dengan refresh rate 90 Hz.

Namun, jenis layar yang dipakai adalah PLS LCD, sehingga tingkat warna dan kecerahannya tidak sebagus layar AMOLED khas Samsung. Selain itu, karena tidak menggunakan layar AMOLED, ponsel ini juga tak dibekali dengan fitur Always On Display (AOD). 

Bagian depan Galaxy A14 5G. Ponsel ini dibekali dengan layar yang cukup lega dengan ukuran 6,6 inci dan resolusi Full HD Plus, serta cukup responsif dengan refresh rate 90 Hz.
Meski pakai PLS LCD, layar Galaxy A14 5G terbilang mampu menampilkan beragam konten dengan warna yang cukup tajam ketika dipakai untuk menonton atau bermain game.

Terlebih, layar ponsel ini juga masih bisa dilihat dengan cukup jelas di bawah terik sinar matahari. KOMPAS.com/Bill Clinten Bagian depan Galaxy A14 5G. Ponsel ini dibekali dengan layar yang cukup lega dengan ukuran 6,6 inci dan resolusi Full HD Plus, serta cukup responsif dengan refresh rate 90 Hz. Meski pakai PLS LCD, layar Galaxy A14 5G terbilang mampu menampilkan beragam konten dengan warna yang cukup tajam ketika dipakai untuk menonton atau bermain game. Terlebih, layar ponsel ini juga masih bisa dilihat dengan cukup jelas di bawah terik sinar matahari.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.