Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Nada Dering WhatsApp Suara Google via freetts.com, Sudah Coba?

Kompas.com - 24/01/2023, 17:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Di aplikasi pesan instan WhatsApp atau biasa disingkat WA, tersedia beberapa nada dering bawaan yang bisa dipilih pengguna sebagai pengingat ketika ada pesan baru dan panggilan masuk. Nada dering bawaan ini mungkin terdengar membosankan.

Bila bosan, selain dari bawaan aplikasi, pengguna pada dasarnya juga bisa membuat berbagai macam nada dering WhatsApp sendiri. Misalnya, nada dering dengan bunyi mirip suara Google yang khas, kaku dan terdengar seperti robot.

Baca juga: Apa itu Website Sound of Text yang Ramai Dicari Pengguna WA?

Lantas, bagaimana cara membuat nada dering WhatsApp suara Google? Nada dering WhatsApp suara Google bisa dibuat dengan mudah melalui layanan dari beberapa website, salah satunya seperti Sound of Text.

Website Sound of Text bisa dibilang cukup terkenal di kalangan pengguna untuk membuat nada dering WhatsApp suara Google. Namun, untuk membuat nada dering tersebut, sebetulnya tak hanya bisa dilakukan via Sound of Text.

Selain Sound of Text, ada website freetts.com yang juga dapat dimanfaatkan untuk membuat nada dering WhatsApp suara Google. Bila berminat membuat nada dering WhatsApp via freetts.com, berikut adalah penjelasan caranya.

Cara membuat nada dering WhatsApp suara Google via freetts.com

  • Kunjungi link nada dering WhatsApp suara Google ini https://freetts.com.
  • Setelah freetts.com terbuka, pilih menu “Start Text to Speech”.
  • Masukkan teks tertentu sesuai keinginan untuk nanti dijadikan sebagai suara dari nada dering, misalnya “halo, ada pesan masuk”.
  • Kemudian, atur bahasa dan suara dari pelafal yang bakal mengucapkan teks tersebut. Di freetts.com, terdapat berbagai bahasa dan suara dari pelafal yang bisa dipilih, ada suara laki-laki serta perempuan.
  • Setelah memasukkan teks dan mengatur bahasa serta suara pelafal, klik opsi “Convert to MP3”.
  • Bila teks selesai dikonversi, silakan download nada dering WhatsApp suara Google
  • dengan klik opsi “Download MP3”.
  • Nada dering WhatsApp suara Google kini berhasil dibuat dan dimiliki.

Ilustrasi cara membuat nada dering WhatsApp suara Google via freetts.com.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat nada dering WhatsApp suara Google via freetts.com.

Itulah penjelasan mengenai cara membuat nada dering WhatsApp suara Google via freetts.com. Cukup mudah, bukan? Untuk diketahui, baik Sound of Text maupun freetts.com, keduanya sama-sama merupakan website dengan layanan Text to Speech.

Lewat layanan itu, pengguna bisa mengubah teks menjadi suara secara otomatis. Suara dari teks yang dihasilkan oleh freetts.com itulah yang dapat digunakan untuk menjadi nada dering WhatsApp.

Kemudian, sebagai informasi tambahan pula, setelah memiliki nada dering WhatsApp suara Google dari freetts.com, pengguna bisa mulai memakainya dengan cara yang berbeda-beda di tiap ponsel.

Baca juga: 3 Website untuk Membuat Nada Dering WA Keren, Tak Cuma Bisa Suara Google

Misalnya, pada ponsel Android Xiaomi, pengguna dapat memakai nada dering WhatsApp suara Google dengan cara mengunjungi “Notifikasi & Pusat Kontrol”. Selanjutnya, atur notifikasi pada WhatsApp menggunakan nada dering yang diunduh dari freets.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com