Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Nada Dering WhatsApp Suara Google via freetts.com, Sudah Coba?

Kompas.com - 24/01/2023, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Di aplikasi pesan instan WhatsApp atau biasa disingkat WA, tersedia beberapa nada dering bawaan yang bisa dipilih pengguna sebagai pengingat ketika ada pesan baru dan panggilan masuk. Nada dering bawaan ini mungkin terdengar membosankan.

Bila bosan, selain dari bawaan aplikasi, pengguna pada dasarnya juga bisa membuat berbagai macam nada dering WhatsApp sendiri. Misalnya, nada dering dengan bunyi mirip suara Google yang khas, kaku dan terdengar seperti robot.

Baca juga: Apa itu Website Sound of Text yang Ramai Dicari Pengguna WA?

Lantas, bagaimana cara membuat nada dering WhatsApp suara Google? Nada dering WhatsApp suara Google bisa dibuat dengan mudah melalui layanan dari beberapa website, salah satunya seperti Sound of Text.

Website Sound of Text bisa dibilang cukup terkenal di kalangan pengguna untuk membuat nada dering WhatsApp suara Google. Namun, untuk membuat nada dering tersebut, sebetulnya tak hanya bisa dilakukan via Sound of Text.

Selain Sound of Text, ada website freetts.com yang juga dapat dimanfaatkan untuk membuat nada dering WhatsApp suara Google. Bila berminat membuat nada dering WhatsApp via freetts.com, berikut adalah penjelasan caranya.

Cara membuat nada dering WhatsApp suara Google via freetts.com

  • Kunjungi link nada dering WhatsApp suara Google ini https://freetts.com.
  • Setelah freetts.com terbuka, pilih menu “Start Text to Speech”.
  • Masukkan teks tertentu sesuai keinginan untuk nanti dijadikan sebagai suara dari nada dering, misalnya “halo, ada pesan masuk”.
  • Kemudian, atur bahasa dan suara dari pelafal yang bakal mengucapkan teks tersebut. Di freetts.com, terdapat berbagai bahasa dan suara dari pelafal yang bisa dipilih, ada suara laki-laki serta perempuan.
  • Setelah memasukkan teks dan mengatur bahasa serta suara pelafal, klik opsi “Convert to MP3”.
  • Bila teks selesai dikonversi, silakan download nada dering WhatsApp suara Google
  • dengan klik opsi “Download MP3”.
  • Nada dering WhatsApp suara Google kini berhasil dibuat dan dimiliki.

Ilustrasi cara membuat nada dering WhatsApp suara Google via freetts.com.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat nada dering WhatsApp suara Google via freetts.com.

Itulah penjelasan mengenai cara membuat nada dering WhatsApp suara Google via freetts.com. Cukup mudah, bukan? Untuk diketahui, baik Sound of Text maupun freetts.com, keduanya sama-sama merupakan website dengan layanan Text to Speech.

Lewat layanan itu, pengguna bisa mengubah teks menjadi suara secara otomatis. Suara dari teks yang dihasilkan oleh freetts.com itulah yang dapat digunakan untuk menjadi nada dering WhatsApp.

Kemudian, sebagai informasi tambahan pula, setelah memiliki nada dering WhatsApp suara Google dari freetts.com, pengguna bisa mulai memakainya dengan cara yang berbeda-beda di tiap ponsel.

Baca juga: 3 Website untuk Membuat Nada Dering WA Keren, Tak Cuma Bisa Suara Google

Misalnya, pada ponsel Android Xiaomi, pengguna dapat memakai nada dering WhatsApp suara Google dengan cara mengunjungi “Notifikasi & Pusat Kontrol”. Selanjutnya, atur notifikasi pada WhatsApp menggunakan nada dering yang diunduh dari freets.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.