Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Uji Coba Fitur Voice Note sebagai Status WA

Kompas.com - 25/01/2023, 11:31 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) dilaporkan sedang mengembangkan fitur baru yang akan memperkaya konten di WhatsApp Status. Fitur yang dimaksud yaitu pesan suara yang bisa diunggah pengguna sebagai status di WhatsApp.

Selama ini, WhatsApp Status hanya mendukung konten media termasuk foto, video, serta teks. Nah, dengan fitur baru yang sedang dikembangkan, nantinya pengguna bisa membuat status berupa audio seperti berkirim pesan mengguna fitur voice note.

Pengembangan fitur pesan suara untuk WA status sendiri sebenarnya bukan kabar baru. Sebab, fitur ini sudah dikembangkan perusahaan sejak Juli 2022 lalu.

Sekarang, fitur itu mulai digulirkan ke sejumlah pengguna WhatsApp Android beta versi 2.23.2.8 melalui Google Play Store.

Baca juga: Voice Note di WhatsApp Bakal Bisa Dibikin Jadi Status?

Menurut gambar tangkapan layar (screenshot) yang dibagikan situs pembocor fitur WhatsApp, WABetaInfo, tampilan fitur pesan suara di WA status sama seperti ketika pengguna hendak memposting teks sebagai status.

Tampilan pesan suara yang dijadikan status WhatsAppWABetaInfo Tampilan pesan suara yang dijadikan status WhatsApp

Terdapat sederet ikon untuk menambahkan emoji, teks, warna latar belakang status hingga pengaturan audiens yang bisa melihat status terkait. Bedanya, tersedia tombol dengan ikon mikrofon untuk merekam suara pengguna, ikon serupa seperti saat hendak mengirim voice note di chatroom (ruang obrolan).

Mengacu gambar screenshot yang sama, tampaknya pengguna bisa memposting beberapa pesan suara dalam sekali posting sekaligus. Pasalnya, gambar itu menunjukkan bahwa pengguna masih bisa menekan tombol rekam, sebelum status WA diunggah.

Selain itu, terdapat keterangan "Status (1 included)" yang menunjukkan bahwa pesan suara pertama sudah selesai direkam dan siap diunggah maupun dihapus. Namun perlu dicatat bahwa durasi maksimal satu pesan suara untuk dijadikan status WA adalah 30 detik.

Baca juga: Hati-hati Penipuan, Ini Tips Agar Tidak Dimasukkan ke Grup WhatsApp Sembarangan

WABetaInfo juga mencatat bahwa audiens yang nantinya bisa mendengarkan status WA berupa pesan suara adalah mereka yang memakai WhatsApp versi terbaru.

Terkait keamanannya, pesan suara di status WA juga dilindungi oleh enkripsi dari ujung ke ujung end-to-end encryption, sehingga hanya audiens yang dipilih pengguna yang bisa mendengarkannya.

Seperti konten status WA lainnya, pesan suara yang dijadikan status WA juga hanya akan bertahan selama 24 jam sejak konten pertama kali diunggah pengguna. Setelahnya, pesan suara itu akan hilang secara otomatis.

Perlu dicatat bahwa fitur pesan suara untuk status WA masih dalam tahap pengembangan oleh tim WhatsApp. Pengguna yang kebagian uji coba fitur ini juga hanya pengguna terpilih di antara semua pengguna WhatsApp Android beta, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WA Beta Info, Rabu (24/1/2023).

Namun, kabarnya fitur ini akan diperluas ke lebih banyak pengguna beta dalam waktu yang belum ditentukan. Sayangnya belum ada informasi kapan fitur ini akan rilis ke pengguna versi stabil. Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber WABetaInfo


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.