Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Penting di iPhone 14 Bakal Hadir Juga di Samsung Galaxy S23?

Kompas.com - 25/01/2023, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Peluncuran Samsung Galaxy S23 series tinggal menghitung hari. Menjelang peluncurannya pada 1 Februari mendatang, bocoran mengenai fitur dan spesifikasi yang diusung perangkat pun semakin mencuat di dunia maya.

Kabar terbaru mengindikasikan bahwa Samsung Galaxy S23 bakal memiliki fitur penting yang juga dimiliki oleh iPhone 14 series.

Fitur tersebut adalah konektivitas satelit. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan perangkat mengirim pesan melalui koneksi satelit dalam keadaan darurat.

Tanda-tanda kehadiran fitur ini berasal dari pernyataan President and Head of MX Business Samsung Electronics, TM Roh, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Video Promo Samsung Spill Fitur Penting di Kamera Galaxy S23 Ultra

Dalam sebuah unggahan di blog resmi Samsung, TM Roh mengatakan bahwa "konektivitas dari ekosistem kami semakin mudah dan mulus dari sebelumnya". Kalimat inilah yang bisa jadi merupakan tanda-tanda kehadiran fitur konektivitas satelit di Samsung Galaxy S23.

Hal ini diperkuat dengan kehadiran Snapdragon Satellite pada awal Januari lalu. Fitur Snapdragon Satellite ini akan hadir di ponsel Android.

Dengan fitur ini, ponsel Android tidak sekadar bisa mengirim SMS di keadaan darurat, fitur ini memungkinkan pengguna mengirimkan SMS seperti biasa layaknya menggunakan jaringan seluler.

VP Product Management Qualcomm, Francesco Grilli mengatakan bahwa Snapdragon Satellite nantinya akan mengandalkan layanan komunikasi yang ditawarkan oleh konstelasi/jaringan satelit Iridium.

Umumnya, satelit dalam lingkup jaringan Iridium dimanfaatkan untuk menunjang komunikasi antarperangkat berbasis Iridium yang ada di Bumi. Namun, fitur ini hanya terbatas untuk beberapa perangkat saja.

Baca juga: Snapdragon Satellite Resmi, Ponsel Android Kini Bisa SMS lewat Satelit

Grilli menyebut hanya perangkat kelas atas (flagship), khususnya yang ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 2 dan chip modem Snapdragon X70 saja yang dapat menghadirkan fitur pesan satelit tersebut.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.