Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Lawas Dapat Update Keamanan seperti iOS 16.3, iPhone 5s Kebagian

Kompas.com - 25/01/2023, 13:30 WIB

KOMPAS.com - Apple baru saja merilis sistem operasinya iOS 16.3 untuk iPhone generasi terbaru. iOS 16.3 membawa perbaikan berupa tambalan (patch) celah keamanan dan perbaikan bug.

Patch dan perbaikan bug itu tampaknya sangat penting, sehingga bukan hanya ditujukan untuk iPhone generasi terbaru saja, melainkan juga untuk iPhone generasi lawas, hingga iPhone 5s.

Masalahnya, iPhone-iPhone lawas sudah tidak bisa lagi menjalankan iOS versi terbaru. Untuk itu, Apple merilis update khusus untuk sistem operasi lawasnya, seperti iOS 12 untuk iPhone dan MacOS 11 untuk MacBook.

Baca juga: iOS 16.3 Sudah Bisa Di-download, Perbaiki Garis di Layar iPhone dan Emergency SOS

Nah, lewat update ini, iPhone dan perangkat lawas Apple lainnya bakal menerima peningkatan keamanan dan perbaikan bug seperti di OS 16.3 dan macOS Ventura.

Dilansir KompasTekno dari Apple Insider, Rabu (25/1/2023), tambalan (patch) keamanan pada pembaruan sistem operasi setidaknya sudah memperbaiki masalah keamanan di 14 sistem yang berbeda. Pembaruan OS yang tersedia untuk perangkat lawas adalah sebagai berikut.

  • iOS 12.5.7
  • iOS 15.7.3
  • iPadOS 15.7.3
  • macOS Big Sur 11.7.3
  • macOS Monterey 12.6.3

Berdasarkan daftar di atas, pembaruan iOS 12.5.7 merujuk pada update di ponsel lawas iPhone 5s yang sudah dirilis per September 2013.

Sementara itu, pembaruan OS untuk laptop MacBook, macOS Big Sur 11.7.3 ditujukan untuk laptop MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac Pro versi 2013.

Seluruh pengguna perangkat lawas Apple diimbau agar sesegera mungkin melakukan update. Sebab, jika pengguna memilih untuk menundanya, kemungkinan besar keamanan perangkat bakal lebih rentan.

Baca juga: Promo iPhone 5S Seharga Rp 700.000 Bikin Rusuh

“Terus melakukan update pada perangkat lunak (software) Anda adalah hal terpenting yang bisa Anda lakukan. Guna untuk menjaga kestabilan dari keamanan perangkat,” tulis Apple melalui blog resminya.

Perbaikan bug

Seperti yang disebut di atas, update iOS di atas ditujukan untuk memperbaiki beberapa aplikasi dan sistem yang ditemukan bermasalah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.