Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Bakal Rilis PS5 Pro April 2023?

Kompas.com - 25/01/2023, 14:02 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Kabar terkait kehadiran konsol Sony PlayStation 5 (PS5) varian anyar terus mengalir di dunia maya. 

Bocoran terbaru mengatakan bahwa Sony akan merilis PS5 versi Pro dalam beberapa bulan ke depan. Kabar ini muncul dari sumber dalam industri, yang dikutip situs berita teknologi asal Perancis Phonandroid.

Bocoran ini mematahkan kabar terakhir yang menyebut bahwa Sony akan merilis PS5 Slim yang rumornya santer beredar belakangan ini, melainkan model lain yang bernama PS5 Pro.

Adapun konsol PS5 varian "Pro" ini, menurut sumber tadi, diklaim bakal meluncur pada April 2023 mendatang, sekitar dua tahun setengah dari peluncuran awal PS5 pada November 2020 lalu. 

Baca juga: Cara Menaruh PS5 dengan Aman untuk Mencegah Kerusakan

Secara kemampuan, sumber tadi mengeklaim bahwa PS5 varian "Pro" kemungkinan besar akan lebih tangguh dibanding PS5 versi "reguler", lantaran akan ditenagai dengan chip terbaru buatan AMD.

Pada akhir 2022 lalu, Sony juga dikabarkan akan segera merilis PS5 dengan chip anyar yang lebih kuat dan kencang.

Selain itu, PS5 Pro juga disebut bakal mengadopsi sistem pendingin (cooling system) baru yang lebih mumpuni dari PS5 versi awal. Sistem pendingin di perangkat elektronik biasanya berfungsi untuk meredam panas yang dihasilkan oleh perangkat tersebut.

Nah, menurut sumber tadi, komponen peredam panas yang bakal diusung PS5 Pro adalah cooling system berbasis air (liquid cooling) yang biasa ditemui di beragam komputer (PC) gaming masa kini. 

PS5 dalam posisi horizontal.YouTube/How To X PS5 dalam posisi horizontal.
Sebelumnya, PS5 diketahui menggunakan sistem pendingin berbasis senyawa logam cair alias liquid metal compound, serta kipas yang bisa digunakan untuk membantu mendinginkan "jeroan" perangkat. 

Belakangan, penggunaan liquid metal di PS5 menjadi perbincangan, lantaran disebut bisa merusak PS5 apabila konsol ini diletakkan secara vertikal atau dalam posisi "berdiri", bukan horizontal atau posisi "tidur".

Baca juga: Kabar Baik dari Sony untuk Calon Pembeli PS5

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.