Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral di TikTok, Curhatan Karyawan Google yang Di-PHK, Dipecat Saat Perjalanan Bisnis

Kompas.com - Diperbarui 26/01/2023, 09:08 WIB

KOMPAS.com - "Saya dipecat Google saat tengah perjalanan bisnis." Begitulah Kimberly Diaz memulai curahan hatinya (curhat) sesaat setelah mengetahui bahwa dirinya termasuk salah satu dari total 12.000 karyawan Google yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, Google mengumumkan PHK massal yang berdampak ke sekitar 6 persen dari total karyawannya atau sekitar 12.000 staf. Diaz, yang juga merupakan kreator kecantikan di TikTok, membagikan curhatannya di platform video pendek itu. Curhatannya kemudian viral dan sudah dilihat jutaan kali.

Dalam video berdurasi satu menit 45 detik itu, Diaz mengisahkan bahwa dia sedang dalam perjalanan bisnis di Florida, Amerika Serikat (AS).

Di sana, rencananya dia bertemu dengan beberapa klien, sebagaimana tugasnya sebagai Global Partner Lead, Retail, Fashion & Branded Apparel yang bertanggung jawab sebagai penghubung antara pengiklan dan YouTube.

Baca juga: CEO Google Umumkan PHK 12.000 Karyawan

Pada Kamis (19/1/2023) malam waktu Florida, Diaz mengatakan sedang menghadiri jamuan makan malam dengan Chief Marketing Officer salah satu brand yang menjadi kliennya. Mereka pun menjadwalkan pertemuan keesokan paginya.

Sayangnya, saat Diaz tengah menyiapkan rapat sepagi mungkin, dia mendapati aksesnya ke sistem perusahaan telah diblokir.

"Saya bangun pukul 06.00 pagi untuk finalisasi presentasi saya, lalu bersiap rapat jam 10 pagi. Tapi, saya tidak bisa mengakses e-mail, namun entah kenapa sistem chat (internal) masih bisa diakses," katanya.

Tak lama setelah itu atau sekitar 10 menit kemudian, Diaz mendapatkan sebuah e-mail yang menyebut bahwa posisinya di Google telah dihentikan.

"Sekitar 10 menit setelahnya saya menerima e-mail dari Google yang mengatakan bahwa saya dipecat dan akan berlaku efektif sesegera mungkin," kata Diaz.

Seharusnya Diaz masih harus menjalani agenda bisnis di Florida sampai beberapa waktu ke depan. Google juga tidak membatalkan tiket kepulangannya dari Florida ke New York, sesuai jadwal agenda bisnis.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.