Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NIK Dicatut Parpol buat Jadi Anggota Tanpa Sepengetahuan? Begini Cara Lapornya

Kompas.com - 25/01/2023, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Menyambut Pemilu (Pemilu Umum) serentak yang diselenggarakan pada 2024, sejumlah proses pun telah selesai dilaksanakan sejak tahun lalu. Adapun proses itu adalah pendaftaran dan penetapan partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024.

Per Desember 2022, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 24 parpol peserta Pemilu 2024. Supaya bisa jadi peserta Pemilu 2024, parpol sebelumnya wajib memenuhi beberapa syarat yang telah ditetapkan KPU.

Baca juga: 4 Website dan Aplikasi buat Pantau Banjir Jakarta secara Online

Pada Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022, salah satu syarat agar bisa menjadi peserta pemilu adalah parpol harus memiliki anggota sekurang-kurangnya 1.000 (seribu) orang atau 1/1.000 (satu per seribu) orang dari jumlah penduduk.

Keanggotaan orang dalam parpol itu wajib dibuktikan dengan KTA (Kartu Tanda Anggota) dan KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang berisi NIK (Nomor Induk Kependudukan). Dalam hal pemenuhan syarat keanggotaan ini, mungkin saja terdapat parpol-parpol yang “nakal”.

Sebagaimana sempat diberitakan Kompas.com pada September tahun lalu, diketahui terdapat NIK belasan warga Kota Tangerang Selatan, Banten, dicatut atau didaftarkan jadi anggota parpol. Padahal, mereka tidak merasa mendaftarkan diri sebagai kader.

Adanya kasus NIK dicatut parpol buat jadi anggota tersebut tak menutup kemungkinan bisa terjadi juga pada orang lain atau bahkan Anda sendiri. Bila mengalami masalah NIK dicatut parpol tanpa sepengetahuan, lalu apa yang harus dilakukan?

Untuk mengatasi masalah NIK dicatut parpol, KPU menyediakan layanan pengaduan atau pelaporan pada masyarakat. Lantas, bagaimana cara lapor NIK dicatut parpol? Cara lapor NIK dicatut parpol bisa dibilang cukup mudah.

Namun, sebelum melaporkan masalah ini, masyarakat bisa melakukan pemeriksaan terlebih dahulu apakah NIK miliknya terdaftar sebagai anggota parpol atau tidak. Cek NIK dicatut parpol bisa dilakukan via menu “Cek Anggota Parpol” di websiteinfopemilu.kpu.go.id”.

Bila tertera informasi NIK telah menjadi bagian dari anggota parpol padahal tidak merasa pernah melakukan pendaftaran diri, masyarakat bisa melaporkan dengan cara seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Cara lapor NIK dicatut parpol via infopemilu.kpu.go.id

  • Kunjungi website ini https://infopemilu.kpu.go.id/ via browser di laptop atau ponsel.
  • Setelah terbuka, pada halaman awal website infopemilu.kpu.go.id, silakan pilih menu “Tanggapan”.
  • Kemudian, pilih tanggapan pada jenis tahapan “Pemutakhiran Data Partai Politik”.
  • Lalu, pilih kategori laporan “Pencatutan data anggota Partai Politik”.
  • Kemudian, masukkan NIK dan tunggu hingga informasi status keanggotaan parpol dari data itu muncul.
  • Bila merasa NIK dicatut parpol, silakan klik opsi “Tanggapan”.
  • Kemudian, lengkapi formulir laporan sesuai dengan data yang diminta. Beberapa data itu antara lain, meliputi nama pelapor, penjelasan laporan, bukti laporan, serta nomor telepon dan alamat e-mail pelapor.
  • Terakhir, klik opsi “Submit” buat mengirim laporan tersebut.

Ilustrasi cara lapor NIK dicatut parpol via infopemilu.kpu.go.id.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara lapor NIK dicatut parpol via infopemilu.kpu.go.id.

Laporan NIK dicatut parpol itu bakal diverifikasi lebih lanjut oleh KPU. Seandainya laporan diterima dan terbukti, KPU bakal meminta parpol buat menghapus NIK milik seseorang yang dicatutnya untuk jadi kader.

Baca juga: Cara Lapor dan Pantau Banjir Jakarta Online via Aplikasi JAKI dengan Mudah

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara lapor NIK dicatut parpol dengan mudah via Infopemilu.kpu.go.id, semoga bermanfaat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.