Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transfer Chat WhatsApp Bakal Lebih Mudah, Caranya Beda dari Biasanya

Kompas.com - 25/01/2023, 18:01 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Memindahkan chat WhatsApp atau WA dari ponsel lama ke ponsel baru, bakal lebih mudah. Pasalnya, WhatsApp diketahui tengah menyiapkan fitur transfer chat tanpa perlu backup dan restore ke Google Drive.

Cara ini akan berbeda dari cara transfer chat sebelumnya. Sebagaimana diketahui, saat ini pengguna WhatsApp yang ingin memindahkan chat ke ponsel baru, harus melakukan backup terlebih dahulu ke Google Drive. Kemudian, melakukan restore chat di ponsel baru agar semua riwayat percakapannya pindah.

Cara ini tentu memakan waktu yang lama, apalagi jika jumlah chat yang di-backup terlalu banyak dan kondisi internet tidak memadai.

Nah, dengan fitur baru yang saat ini masih disiapkan, pengguna WA nantinya cukup melakukan scan barcode saja untuk memindahkan semua chat.

Baca juga: Waspada Penipuan Catut Nama Shopee, Modus lewat Grup WhatsApp

Kehadiran fitur baru ini terendus oleh situs pembocor WhatsApp, WABetaInfo. Dalam laporannya, WABetaInfo menyebut WhatsApp akan menghadirkan fitur transfer chat pada WA beta versi 2.23.2.7.

WABetaInfo juga membagikan tangkapan layar (screenshot) dari fitur baru seperti pada gambar di bawah ini.

Tampilan fitur transfer chat WhatsApp yang baruWABetaInfo Tampilan fitur transfer chat WhatsApp yang baru
Pengguna yang ingin memindahkan chat WA ke ponsel baru nantinya cukup mengeklik ikon titik tiga di pojok kanan atas. Kemudian, cukup menekan “Transfer chat”. WhatsApp kemudian bakal menampilkan informasi “Move chats from old phone”.

Kode yang dimunculkan ponsel baru cukup dipindai (scan) oleh ponsel lama. Nantinya, riwayat chat akan dipindahkan.

Baca juga: Fitur Baru WhatsApp, Masih Bisa Kirim Pesan meski Internet Diblokir

Kehadiran fitur ini akan membantu pengguna untuk memindahkan pesan WhatsApp ke perangkat baru dengan waktu yang lebih singkat.

Perlu dicatat bahwa pengembangan fitur ini baru terbatas untuk pengguna Android, setidaknya untuk saat ini. Fitur transfer chat untuk pengguna iOS tampaknya masih belum diketahui lebih lanjut.

“Fitur transfer data tengah dikembangkan dan tanggal perilisannya belum diumumkan,” tulis WABetaInfo sebagaimana dikutip KompasTekno dari halaman WABetaInfo, Rabu (25/1/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com