Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamur Cordyceps Tumbuh di Layar Saat "Googling" Serial The Last of Us

Kompas.com - Diperbarui 27/01/2023, 06:41 WIB

KOMPAS.com - Film serial "The Last of Us" sedang menjadi buah bibir di internet. Pasalnya, serial yang tayang di HBO itu menjadikan Indonesia sebagai latar cerita di awal episodenya.

Secara garis besar, episode awal The Last of Us menceritakan tentang wabah global yang disebabkan oleh jamur Cordyseps. Infeksi bakteri dari jamur Cordyceps itu digambarkan bisa mengubah manusia menjadi zombie.

Nah, "jamur Cordyceps" rupanya juga "tumbuh" di layar laptop atau smartphone, ketika Anda mengetik kata kunci "The Last of Us" atau "Cordyceps" di situs Google.com atau Google.co.id. Namun tenang saja, "jamur" ini tidak akan menginfeksi manusia sebagaimana dikisahkan dalam serial. Sebab, "jamur" itu hanyalah sebuah ilustrasi semata.

Berdasarkan percobaan yang dilakukan KompasTekno, saat "Googling" kata kunci "The Last of Us" atau "Cordyceps", akan muncul ikon jamur di sisi bawah layar laptop maupun smartphone.

Baca juga: Game The Last of Us Part II Gratis di PlayStation Now

Ketika ikon jamur itu diklik, akan muncul ilustrasi jamur yang mirip dengan wujud asli jamur Cordyceps. Bentuknya panjang menyerupai jari yang cukup besar dengan warna coklat.

Ada pula spora yang menyerupai benang dengan kepala kecil bewarna kuning dan ungu.
Apabila ikon jamur tadi terus menerus diklik, spora itu akan semakin bertambah, menyebar, hingga memenuhi layar, seperti tangkapan layar di bawah ini.

Tangkapan layar ilustrasi jamur Cordyceps saat mengetik keyword The Last of Us di Google. Saat ikon jamur diklik, ilustrasi spora akan terus bermunculan hingga memenuhi layar.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Tangkapan layar ilustrasi jamur Cordyceps saat mengetik keyword The Last of Us di Google. Saat ikon jamur diklik, ilustrasi spora akan terus bermunculan hingga memenuhi layar.

Semakin banyak diklik, jamur-jamur itu akan terus tumbuh dan menyebar menyerupai sebuah jaringan.

Apabila merasa terganggu atau sudah puas melihat bagaimana jamur Cordyceps "tumbuh" di layar laptop, Anda bisa mengeklik ikon silang (X) untuk menutup ilustrasi jamur tersebut dan melanjutkan pencarian.

Episode awal The Last of Us berlatar Indonesia

Seperti disebutkan di awal, serial The Last of Us menjadi perbincangan lantaran di episode awal menjadikan Indonesia sebagai latar cerita. Terlebih, aktris dan aktor asal Indonesia, Christine Hakim dan Yayu Unru juga ikut serta dalam serial internasional ini.

Dua episode awal serial itu menceritakan bahwa penyebaran wabah zombie yang diakibatkan infeksi jamur Cordyceps bermula dari sebuah pabrik tepung di Jakarta Barat, Indonesia tahun 2003.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.