Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs magenta.fhcibumn.com Bisa Dibuka, Ini Cara Daftar Magenta BUMN 2023 dan Syaratnya

Kompas.com - 26/01/2023, 05:00 WIB

KOMPAS.com - Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan FHCI (Forum Human Capital Indonesia) telah membuka pendaftaran program Magang Generasi Bertalenta atau Magenta BUMN 2023 sejak 16 Januari lalu.

Untuk diketahui, Magenta BUMN 2023 adalah program magang kerja untuk mahasiswa dan fresh graduate di perusahaan-perusahaan BUMN. Per 16 Januari kemarin, telah diumumkan bahwa pendaftaran program ini bisa dilakukan di situs magenta.fhcibumn.com.

Baca juga: Dibuka Hari Ini, Begini Cara Daftar Beasiswa LPDP 2023 serta Syarat dan Jadwalnya

Namun, situs tersebut lebih dari satu minggu tidak bisa dibuka sejak pengumuman pendaftaran. Beberapa waktu lalu di magenta.fhcibumn.com, sempat tertulis bahwa situs sedang mengalami peningkatan kapasitas dan bisa diakses lagi pada 25 Januari 2023.

Kemudian, berdasar pantauan KompasTekno pada Kamis kemarin (25/1/2022), sekitar pukul 19.00 WIB, situs magenta.fhcibumn.com akhirnya telah dibuka kembali. Itu berarti saat ini pendaftaran magang Magenta BUMN 2023 bisa mulai dilakukan.

Dalam pendaftaran magang Magenta BUMN 2023, terdapat empat program atau jalur yang bisa dipilih sesuai dengan latar pendidikan peserta. Empat program Magenta BUMN 2023 itu antara lain, terdiri dari:

  • Magang Umum: magang untuk mahasiswa aktif dan fresh graduate secara umum
  • Magang Santri: magang untuk mahasiswa dari universitas Islam atau santri dari pesantren setingkat
  • Kampus Merdeka @BUMN: magang untuk mahasiswa aktif, pengalihan dari Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMBB)
  • Indonesia Global Talent Internship: magang untuk mahasiswa aktif S2/S3 atau lulusan S2 kampus luar negeri

Keempat program magang Magenta BUMN 2023 tersebut punya syarat pendaftaran yang berbeda-beda. Dikutip dari laman resmi Magenta BUMN 2023, adapun syarat pendaftaran Magenta BUMN 2023 dari tiap jalur yang tersedia adalah sebagai berikut:

Syarat pendaftaran Magenta BUMN 2023

1. Magang Umum

  • Siswa/mahasiswa/fresh graduate tingkat SMA/sederajat sampai dengan D4/S1
  • Dokumen yang disiapkan: KTP, Curriculum Vitae, Ijazah/Surat Keterangan Lulus (bagi yang belum mendapat ijazah), dan Transkrip Nilai

2. Magang Santri

  • Mahasiswa minimal semester 5 (D3) dan semester 7 (S1) dari Perguruan Tinggi atau Universitas Islam yang berafiliasi dengan Pesantren.
  • Dokumen yang disiapkan: KTP

3. Kampus Merdeka @BUMN

  • Mahasiswa aktif dari kampus dengan akreditasi apa pun yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
  • Mahasiswa aktif pada jenjang D2/D3/D4/S1 atau belum yudisium serta bersedia untuk tidak yudisium dengan minimal semester:
    • D2: minimal semester 3
    • D3: minimal semester 4
    • D4 dan S1: minimal semester 5
  • Dokumen yang disiapkan: Curriculum Vitae, Transkrip Nilai, Surat Rekomendasi Universitas, Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM), foto/scan KTP, Sertifikat pengalaman organisasi (opsional)

4. Indonesia Global Talent Internship

  • Mahasiswa aktif S2 dan S3 luar negeri atau lulusan S2 luar negeri yang belum bekerja
  • Dokumen yang disiapkan: Ijazah, Transkrip Nilai, Student Card/Surat Rekomendasi PPID, Motivation Letter, Commitment Letter, Pakta Integritas, dan CV

Baca juga: Cara Registrasi Akun SNPMB 2023 di “portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id” buat Ikut SNBP

Syarat pendaftaran Magenta BUMN 2023 di atas merupakan syarat umum. Nantinya, peserta juga wajib melengkapi semua syarat khusus yang diminta pada tiap perusahaan BUMN calon tempat magang.

Itulah syarat pendaftaran Magenta BUMN 2023 secara umum. Bila telah mehamai syarat di atas, berikut adalah penjelasan mengenai cara daftar Magenta BUMN 2023 di magenta.fhcibumn.com.

Cara daftar Magenta BUMN 2023

  • Kunjungi link pendaftaran Magenta BUMN 2023 ini https://magenta.fhcibumn.com/.
  • Selanjutnya, buat akun Magenta BUMN 2023 dulu dengan klik menu “Masuk ke Akun” dan pilih opsi “daftar di sini”.
  • Registrasi akun dilakukan dengan mengisi beberapa data diri, seperti nama lengkap sesuai KTP, NIK, alamat e-mail aktif, dan membuat password. Lalu, klik opsi “Daftar” dan aktivasi akun lewat tautan yang dikirim ke alamat e-mail tadi.
    Ilustrasi cara registrasi akun Magenta BUMN 2023.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara registrasi akun Magenta BUMN 2023.
  • Bila telah diaktivasi, silakan login kembali ke magenta.fhcibumn.com.
  • Saat berhasil login, sebelum mulai mendaftar, klik ikon foto profil yang berada di pojok kanan atas halaman dan pilih opsi “Lihat Profil” untuk melengkapi semua data peserta.
  • Isi seluruh data pada menu “Data Pribadi”, “Informasi Akademik”, dan “Kelengkapan Data Pemagang”, Pastikan semua data telah terisi dengan benar.
    Ilustrasi cara melengkapi data peserta Magenta BUMN 2023.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melengkapi data peserta Magenta BUMN 2023.
  • Selesai mengisi semua data, peserta bisa klik menu “Lowongan Magang” untuk mulai mencari perusahaan BUMN dan posisi magang yang ditawarkan.
  • Kemudian, pilih perusahaan BUMN dan posisi magang sesuai dengan kualifikasi dan klik opsi “Daftar Magang”.
    Ilustrasi cara daftar lowongan magang Magenta BUMN 2023.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara daftar lowongan magang Magenta BUMN 2023.
  • Tiap proses lamaran magang nanti bisa dilihat melalui menu “Status Lamaran” yang berada di halaman profil akun.

Baca juga: Tidak Menerima E-mail Aktivasi Akun SNPMB Usai Registrasi? Begini 3 Cara Mengatasinya

Demikianlah penjelasan mengenai cara daftar Magenta BUMN 2023 di magenta.fhcibumn.com. Sebagai informasi tambahan, pendaftaran magang Magenta BUMN 2023 ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.