Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Pamer Ponsel Lipat 360 Derajat

Kompas.com - 26/01/2023, 08:02 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Samsung masih memimpin di pasar ponsel lipat melalui seri Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip. Meski masih berada di puncak, bukan berarti perusahaan berhenti bereksplorasi mengembangkan perangkat lipat jenis lainnya.

Seperti terlihat dalam ajang pameran teknologi Consumer Electronics Show (CES) yang digelar di AS beberapa waktu lalu. Dalam ajang tahunan ini Samsung memamerkan ponsel lipat 360 derajat atau disebut "Flex In & Out".

Meski masih dalam wujud prototipe atau purwarupa, ponsel itu tampak mengesankan. Sebab, layarnya bisa dilipat ke luar atau ke dalam ponsel.

Baca juga: Pengiriman Ponsel Lipat 2023 Diprediksi Naik hingga 18 Juta Unit

Prototipe ponsel lipat Samsung 360 derajatSamsung Display Prototipe ponsel lipat Samsung 360 derajat
Konsep ini berbeda dengan ponsel lipat yang sudah ada di pasaran, karena biasanya kemampuan lipat yang ditawarkan hanya ke luar atau ke dalam saja.

Contohnya Samsung Galaxy Z Fold yang dilipat ke dalam layaknya sebuah buku. Contoh lain adalah Huawei Mate X yang dilipat ke bagian luar.

Konsep lipatan yang berbeda di purwarupa milik Samsung ini konon diperoleh dari desain engsel yang revolusioner sehingga bisa dilipat hingga 360 derajat.

Engsel pada Samsung Flex In & Out kabarnya juga mampu menyamarkan efek lipatan menjadi tidak begitu terlihat.

Konsep itu terwujud berkat penggunaan engsel "water-drop" yang memungkinkan bentuk layar lebih elastis ketika dilipat ke dalam. Engsel jenis ini juga dinilai bisa meminimalisasi tekanan pada layar, dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (26/1/2023).

Sebelumnya Samsung juga pernah memamerkan ponsel lipat Flex In & Out pada tahun 2021 dalam acara International Meeting for Information Displays (IMID) Korea Selatan. Namun, saat itu konsepnya agak berbeda karena layar ponsel terbagi tiga bagian dan gaya lipatnya menyerupai huruf "S".

Baca juga: Smartphone Lipat Oppo Find N2 Meluncur, Lebih Ringan dan Tipis

Konsep itu juga hingga kini memang belum diterapkan Samsung pada produknya, termasuk Galaxy Z Fold 4 maupun Galaxy Z Flip 4 yang rilis Agustus 2022 lalu. Alih-alih mengusung gaya lipat huruf "S", duo ponsel lipat Samsung itu masih memakai gaya lipat yang sama seperti pendahulunya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.