Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata “People Pleaser” yang Ramai Digunakan di Medsos

Kompas.com - Diperbarui 27/01/2023, 09:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian dari Anda mungkin sudah menjumpai penggunaan kata “people pleaser” di medsos (media sosial). Bila dilihat di linimasa medsos seperti Twitter, kata people pleaser akhir-akhir ini kerap dipakai oleh beberapa pengguna.

Baca juga: Arti Kata “Unhinged”, Bahasa Gaul yang Sering Digunakan di Medsos Belakangan

Salah satu contoh penggunaan kata atau istilah tersebut di medsos bisa dilihat melalui unggahan twit dari akun dengan handle @nellarose, sebagaimana tertera pada cuplikan di bawah ini.

Pada twit berbahasa Inggris itu, @nellarose menulis kalimat yang bila diterjemahkan berarti “berdirilah untuk diri sendiri dan tidak menjadi people pleaser”. Kata people pleaser di twit tersebut tampak dipakai buat menerangkan keadaan seseorang.

Di beberapa unggahan yang lain, istilah people pleaser juga tampak kerap dipakai untuk menerangkan sebuah keadaan seseorang. Contoh kata people pleaser untuk menerangkan keadaan seseorang, bisa pula dilihat lewat salah satu twit dari akun base @convomfs.

Dalam twit di atas, tertera unggkapan "capek jadi people pleaser". Mengingat kata ini cukup ramai digunakan di medsos, lantas sebenarnya apa yang dimaksud dengan people pleaser?

Bila tertarik buat mengetahui lebih lanjut, berikut KompasTekno rangkumkan penjelasan mengenai arti people pleaser yang ramai digunakan di medsos.

Baca juga: Arti Kata My Shampoo and Conditioner Ran Out at the Same Time yang Viral di Medsos

Arti people pleaser

People pleaser merupakan salah satu kosakata dalam bahasa Inggris. People pleaser bukanlah dua kata yang terpisah, melainkan kata tunggal yang memilki satu kesatuan makna atau arti.

Dikutip dari kamus bahasa Inggris Merriam Webster, sebagai kata tunggal, people pleaser artinya adalah seseorang yang memiliki kebutuhan emosional untuk menyenangkan orang lain dengan seringkali mengorbankan keinginannya sendiri.

People pleaser juga bisa berarti orang yang selalu memprioritaskan atau mempedulikan kebutuhan dan keinginan orang lain ketimbang dirinya sendiri. Orang-orang dengan keadaan demikian disebut sebagai people pleaser.

Arti people pleaser seperti itulah yang kerap dipakai di medsos untuk menyebut keadaan seseorang. Bila terdapat kata people pleaser di medsos, itu berarti cenderung dipakai untuk menyebut orang yang lebih mementingkan keinginan orang lain ketimbang dirinya sendiri.

Baca juga: Arti Kata “Barcode” yang Sering Dipakai di Medsos buat Kode Kondisi Kesehatan Mental

Demikianlah penjelasan seputar arti people pleaser yang ramai digunakan di medsos belakangan, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com