Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Hasil Foto Kamera Utama Oppo Reno8 T 4G dan Reno8 T 5G dengan Mode "High-Res"

Kompas.com - 26/01/2023, 19:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo tengah mempersiapkan dua perangkat Reno Series baru di Indonesia, yaitu Oppo Reno8 T 4G dan Reno8 T 5G. 

Oppo mengeklaim kedua ponsel ini hadir dengan fitur fotografi mumpuni. Pada Reno8 T 4G, misalnya, ada kamera utama dengan resolusi 100 MP. Sedangkan di Oppo Reno8 T 5G, kamera utamanya sedikit lebih tinggi karena memiliki resolusi 108 MP. 

Meski resolusinya berbeda, kedua kamera utama di ponsel Oppo Reno8 T Series ini kompak dibekali sebuah fitur atau mode pemotretan yang bernama "High-Res". Dengan mode ini, pengguna bisa menghasilkan sebuah foto dengan resolusi asli 100/108 MP.

Secara sistem, aplikasi kamera ponsel, termasuk yang ada di Reno8 T 4G dan Reno8 T 5G, akan memakai mode pemotretan normal yang mengandalkan teknik penggabungan piksel (pixel binning)

Baca juga: Oppo Reno8 T 4G dan Reno8 T 5G Segera Masuk Indonesia, Begini Wujudnya

Artinya, tiap beberapa piksel yang ada di dalam foto 108 MP akan digabung menjadi satu piksel besar di sebuah foto beresolusi 12 MP, sehingga hasil foto akan bisa dioptimalkan dan dipertajam.

Ilustrasi kamera belakang Oppo Reno 8T 5G.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi kamera belakang Oppo Reno 8T 5G.

Adapun kehadiran mode High-Res akan mengabaikan metode pixel binning tadi, sehingga resolusi foto akan tetap sama dengan resolusi kamera.

Dengan begitu, pengguna bisa melakukan pembesaran secara manual, atau melakukan teknik crop hingga 100 persen, pada hasil foto di galeri ponsel.

Hal ini bisa dilakukan untuk melihat detail-detail kecil yang ada di dalam foto yang diambil menggunakan mode High-Res tadi.

Nah, KompasTekno sempat menjajal fitur High-Res yang ada di kamera utama Reno8 T 4G dan Reno8 T 5G dalam sebuah acara "Reno8 T Series Media Experience" yang digelar Oppo di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Kamis (26/1/2023).

Secara garis besar, hasil foto mode High-Res yang diperbesar manual atau di-crop 100 persen melalui galeri ponsel di kedua perangkat terbaru Oppo ini memiliki detail yang cukup baik. 

Mode High-Res Oppo Reno8 T 4G di kamera 100 MP

Hasil foto kamera 100 MP mode High-Res di Oppo Reno 8T 4G ketika memotret Tugu Api Pancasila di TMII, Kamis (26/1/2023). Bisa dilihat, hasil foto yang sudah di-crop 100 persen pada sebelah kanan masih terlihat dengan cukup detail. Tekstur bagian atas Tugu Api Pancasila pun bisa terlihat dengan cukup tajam dibanding gambar di sebelah kiri yang tidak di-crop. KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera 100 MP mode High-Res di Oppo Reno 8T 4G ketika memotret Tugu Api Pancasila di TMII, Kamis (26/1/2023). Bisa dilihat, hasil foto yang sudah di-crop 100 persen pada sebelah kanan masih terlihat dengan cukup detail. Tekstur bagian atas Tugu Api Pancasila pun bisa terlihat dengan cukup tajam dibanding gambar di sebelah kiri yang tidak di-crop.

Pada gambar sebelah kanan di atas, obyek Tugu Api Pancasila tampak masih bisa ditampilkan dengan cukup jelas apabila pengguna melakukan crop terhadap hasil foto High-Res di Reno8 T 4G di sebelah kiri. 

Selain itu, teknik pembesaran gambar manual di hasil foto mode High-Res juga tampak bisa memuat tekstur di Tugu Api Pancasila, begitu juga struktur tiang tugu tersebut, yang tampak berongga, sebagaimana gambar di sebelah kanan di atas.

Padahal di hasil foto High-Res di sebelah kiri, detail-detail seperti itu tidak bisa dilihat dengan jelas, dan Tugu Api Pancasila seakan memiliki tekstur yang halus.

Baca juga: Oppo Reno8 T Segera Rilis di Indonesia, Oppo Reno8 Turun Harga?

Hasil foto kamera 100 MP mode High-Res di Oppo Reno 8T 4G ketika memotret obyek manusia di sekitar TMII, Jakarta Timur, Kamis (26/1/2023). Bisa dilihat, ekspresi wajah obyek manusia yang dipotret tampak tampil dengan cukup jelas jika foto diperbesar atau foto asli di-crop 100 persen. Tulisan Surprised di baju obyek yang sedang difoto juga bisa dibaca dengan cukup baik. KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera 100 MP mode High-Res di Oppo Reno 8T 4G ketika memotret obyek manusia di sekitar TMII, Jakarta Timur, Kamis (26/1/2023). Bisa dilihat, ekspresi wajah obyek manusia yang dipotret tampak tampil dengan cukup jelas jika foto diperbesar atau foto asli di-crop 100 persen. Tulisan Surprised di baju obyek yang sedang difoto juga bisa dibaca dengan cukup baik.

Nah, ketika mode High-Res di Reno8 T 4G digunakan untuk memotret obyek manusia, ekspresi hingga detail wajah pun tampak bisa dilihat dengan cukup jelas, sebagaimana tampak pada gambar di sebelah kanan di atas. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com