Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android 14 Bakal Lebih Susah Dipakai Sideload APK

Kompas.com - 27/01/2023, 14:02 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Google dilaporkan tengah membuat aturan yang lebih ketat untuk sistem operasi Android 14 di masa mendatang. Aturan tersebut akan membuat pengguna kesulitan melakukan sideload atau menginstal aplikasi dari luar Google Play Store.

Aturan ini sebenarnya dibuat untuk mencegah pengguna menginstal aplikasi lawas ke dalam perangkat. Tujuannya agar perangkat terhindar dari malware yang kemungkinan ada di aplikasi lawas.

Dalam membuat aturan ini, Google akan meningkatkan syarat minimum kode API di semua aplikasi yang tersedia.

Biasanya, ketika pengguna ingin menginstal aplikasi versi lawas, mereka akan mengunduh file dalam bentuk APK dari luar Google Play Store.

Baca juga: File APK Android Pensiun dan Diganti AAB, Apa Pengaruhnya untuk Pengguna?

Nah, adanya perubahan aturan ini akan menyulitkan pengguna untuk menginstal file APK versi lawas melalui sideload.

Tidak hanya itu, untuk memperkuat keamanan di Android 14, Google juga gencar mendorong para pengembang aplikasi untuk selalu memperbarui aplikasi bikinan mereka.

"Hal ini dapat membantu meningkatkan keamanan. Sebab malware (umumnya) menargetkan perangkat Android versi lama, guna menghindari kebijakan kode API yang baru," tulis Google, sebagaimana dikutip KompasTekno dari 9to5Google, Jumat (27/1/2023).

Android 14 ini nantinya akan memblokir aplikasi yang menargetkan Android versi lama. Namun, Google berencana untuk meningkatkan ambang batas ke Android 6.0 Marshmallow.

Artinya, aplikasi lawas yang dibuat untuk perangkat di bawah Android 6 akan diblokir.

Baca juga: Aplikasi Bangkai di Google Play Store Makin Banyak

Nantinya, Google akan memberi keleluasaan kepada mitra OEM untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur pembatasan ini. Mitra OEM juga akan dapat menentukan sendiri ambang batas minimum aplikasi lawas yang bisa diinstal melalui sideload.


Dengan perubahan ini, Google berupaya untuk mengurangi dan membatasi penyebaran malware di perangkat Android. Mengingat, malware sendiri lebih mudah menyusup ke perangkat Android versi lawas.

Peningkatan sistem keamanan di Android 14 ini bisa menjadi salah satu kabar baik, namun, sekaligus membatasi akses pengguna mengunduh aplikasi di luar toko resmi Google Play Store.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5Google


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com