Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy S23 Ponsel Pertama Pakai Layar Gorilla Victus 2

Kompas.com - 27/01/2023, 14:30 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Walau belum dirilis secara resmi, Samsung Galaxy S23 series dipastikan menjadi smartphone pertama yang dilengkapi dengan layar Gorilla Glass Victus 2.

Spekulasi ini diperkuat melalui pengumuman kemitraan yang diperpanjang antara Samsung dan Corning. Pihak perusahaan menyebut akan menghadirkan produk terbaru mereka di salah satu perangkat kelas atas (flagship) milik Samsung.

“Kami berkomitmen untuk mengintegrasikan keberlanjutan dari siklus produk kami, bekerja sama dengan mitra yang memiliki satu visi dengan Corning untuk meningkatkan kinerja hingga mengurangi dampak lingkungan,” ujar Stephani Choi, Wakil Presiden Eksekutif dan Chief Marketing Officer Samsung MX di laman resmi Corning.

Baca juga: Pre-order Samsung Galaxy S23 di Indonesia Dibuka 2 Februari

Smartphone Galaxy kelas atas dari generasi mendatang akan menjadi perangkat pertama yang menggunakan Corning Gorilla Glass Victus 2, (yang mana) layar tersebut menawarkan ketahanan dan keberlanjutan yang ditingkatkan di waktu bersamaan,” sambung Choi.

Pernyataan di atas memang tidak secara gamblang menyebut “Galaxy S23”. Namun, apabila merujuk pada tanggal peluncuran perangkat yang semakin dekat, pengumuman di atas menjadi indikasi kuat bahwa Galaxy S23 series disinyalir bakal dilapisi kaca pelindung Gorilla Glass Victus 2.

Ditambah, jika merujuk pada spesifikasi pendahulunya, Galaxy S22 series, perangkat tersebut juga dilapisi kaca pelindung dari Gorilla Victus Plus. Sehingga, peluang Galaxy S23 untuk mengandalkan Gorilla Victus 2 pun semakin besar.

Bocoran tampang dan varian warna Samsung Galaxy S23.WinFuture Bocoran tampang dan varian warna Samsung Galaxy S23.

Kaca pelindung Gorilla Victus 2 diklaim memiliki daya tahan yang lebih kuat. Dikarenakan lapisan kaca tersebut berfokus pada ketahanan produk, misalnya dapat tahan jika jatuh di permukaan kasar seperti beton, jatuh dengan ketinggian 1-2 meter di aspal, dan sebagainya.

Baca juga: Bocoran Harga Samsung Galaxy S23 Series di AS Beredar, Termurah Rp 12 Juta

Lapisan kaca tersebut pun disebut sebagai produk yang ramah lingkungan. Sebab, proses pembuatannya rata-rata terdiri dari 22 persen bahan daur ulang, sehingga ditandai sebagai salah satu produk yang termasuk Environmental Claim Validation (Validasi Klaim Lingkungan).

Asumsi lainnya memprediksi bahwa Victus 2 juga akan melindungi bagian depan hingga belakang perangkat Galaxy S23. Sama seperti bodi Galaxy S22 yang dilindungi oleh Victus 2 Plus.

Dalam kesempatan yang sama, Vice President dan General Manager Gorilla Class, David Velasquez, juga mengatakan hal yang senada. Ia secara tidak langsung mengatakan bahwa gabungan antara kedua produk, Gorilla Victus 2 dan ponsel terbaru Samsung Galaxy, bakal menghasilkan inovasi yang memainkan peran penting.

“Konsumen saat ini berekspektasi memiliki layar perangkat yang tahan rusak. Setelah lebih dari satu dekade, Gorilla Glas sudah menemukan kebutuhan yang diperlukan pengguna smartphone, yakni menetapkan standar material pelindung yang tangguh,” jelas Velasquez.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy S23 Bocor Jelang Peluncuran

“Kami bangga melanjutkan kemitraan jangka panjang kami dengan Samsung, dan memiliki inovasi terbaru yang memainkan peran penting di perangkat Samsung Galaxy terbaru,” lanjut Velasquez dikutip KompasTekno dari GSMArena, Jumat (27/1/2023).

Samsung sendiri sudah mengungkap tanggal ajang tahunan Galaxy Unpacked 2023. Dalam acara tersebut, Samsung akan memperkenalkan smartphone Galaxy S terbarunya yang diyakini Galaxy S23 series.

Tertulis di halaman resmi perusahaan, acara tahunan Samsung itu akan digelar pada 1 Februari pukul 13.00 waktu Amerika Serikat (AS) atau 2 Februari 2023 pukul 01.00 dini hari WIB.

"Galaxy S Series terbaru akan menjadi wujud ideal dari bagaimana kami mendefinisikan pengalaman premium terbaik. Kami menetapkan standar baru yang lebih tinggi akan apa yang bisa dianggap epic," tertulis dalam undangan tersebut.

Bagi Anda yang ingin ikut serta, Anda bisa menyaksikan Galaxy Unpacked 2023 melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com