Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Review Asus Vivobook 13 Slate OLED, Cocok untuk Kerja dan Hiburan

Kompas.com - 27/01/2023, 19:29 WIB

KOMPAS.com - Vivobook 13 Slate OLED merupakan laptop 2-in-1 terbaru dari Asus yang dibekali dengan keyboard lepas pasang (detachable)

Karena memiliki fungsi detachable, laptop ini bisa disulap menjadi sebuah perangkat tablet yang memiliki layar cukup besar, selain bisa dipakai sebagai laptop konvensional.

Asus Vivobook 13 Slate OLED juga dibekali dengan dudukan (stand) di dalam kotak penjualan. Sehingga, pengguna bisa melepas keyboard dan menyenderkan layar di dudukan yang tersedia demi menjadikan laptop layaknya sebuah TV.

Baca juga: Menjajal Asus Vivobook 13 Slate OLED, Laptop Lepas-Pasang dengan Layar Apik

Nah, KompasTekno berkesempatan menjajal laptop ini selama beberapa minggu untuk melihat kebolehannya menunjang pekerjaan dan kegiatan menonton film. Bagaimana hasilnya?

Ringan dibawa-bawa

Asus Vivobook 13 Slate OLED bisa dibilang merupakan laptop yang mudah dibawa kemana-mana. Pasalnya, laptop ini hanya memiliki bobot 0,78 kg, lebih ringan dari laptop kekinian yang biasanya memiliki bobot sekitar 1,5 - 2 kg. 

Selain itu, laptop ini juga cukup tipis karena memiliki dimensi ketebalan 0,79 cm, lebih tipis dibanding laptop konvensional yang biasa memiliki dimensi ketebalan sekitar 2 cm. 

Di samping ringan, laptop ini juga memiliki penggunaan yang fleksibel. Dengan kehadiran stand, layar Vivobook 13 Slate OLED bisa dilepas dari keyboard-nya, sehingga bisa disenderkan dan dipakai untuk menonton film. 

Kemudian jika ingin kembali digunakan sebagai laptop, dudukan laptop ini bisa dipadukan dengan keyboard, sehingga pengguna bisa memakai Vivobook 13 Slate OLED layaknya seperti laptop biasa.

Asus Vivobook 13 Slate OLED ketika dalam mode laptop menggunakan dudukan dan keyboard eksternal. Laptop ini memiliki layar 13,3 inci dengan resolusi Full HD Plus (1920 x 1080 piksel) dengan rasio aspek 16:9, 0,2 response time, refresh rate 60 Hz, dan tingkat kecerahan (brightness) hingga 550 nits.KOMPAS.com/Bill Clinten Asus Vivobook 13 Slate OLED ketika dalam mode laptop menggunakan dudukan dan keyboard eksternal. Laptop ini memiliki layar 13,3 inci dengan resolusi Full HD Plus (1920 x 1080 piksel) dengan rasio aspek 16:9, 0,2 response time, refresh rate 60 Hz, dan tingkat kecerahan (brightness) hingga 550 nits.

Adapun proses lepas pasang ini bisa dilakukan dengan mudah, lantaran dudukan dan keyboard yang bisa dilepas pasang sudah dirancang sedimikian rupa agar cocok dan pas dengan bagian punggung atau bingkai laptop.

Ketika terpasang dengan unit utama laptop alias layar, baik stand dan keyboard terasa menempel dengan kokoh dan tidak mudah lepas. Sebab, efek magnet yang dihasilkan kedua aksesori tersebut terasa cukup kuat.

Baca juga: Laptop Asus VivoBook Pro 14X OLED Resmi di Indonesia, Harga Rp 23 Jutaan

Terkait keyboard, pengguna juga bisa mengandalkan touchpad yang tersemat di keyboard, yang kami rasa memiliki area yang cukup luas dan memiliki tekstur halus.

Dengan begitu, pengguna tidak perlu memakai mouse tambahan untuk menggunakan Vivobook 13 Slate OLED sebagai laptop. 

Enak untuk kerja dan nonton

Seperti disebutkan di atas, laptop Asus Vivobook 13 Slate OLED memiliki beberapa mode penggunaan seperti tablet hingga laptop. Karena punya beberapa mode penggunaan, kami merasa laptop ini enak dipakai untuk menunjang pekerjaan dan kegiatan menonton film. 

Ketika dipakai untuk bekerja, misalnya mengetik menggunakan Microsoft Word, atau berselancar menggunakan browser internet Google Chrome, kami tidak merasakan adanya hambatan ketika memakai laptop ini. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke