Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuan, Fungsi, dan Manfaat Jaringan Komputer yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 29/01/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Jaringan komputer atau Computer Networking saat ini tampaknya telah lekat dengan kehidupan sehari-hari. Penggunaan jaringan komputer bisa dijumpai dengan mudah di berbagai bidang.

Beberapa contoh sederhana dari penggunaan jaringan komputer bisa dilihat pada toko-toko yang menyediakan jasa percetakan, warung internet (warnet), komputer-komputer yang ada di kantor atau perpustakaan, pemantauan CCTV, dan lainnya.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Perbedaanya

Perlu diketahui, jaringan komputer sendiri adalah sistem yang menghubungkan beberapa perangkat komputer. Lantas, apa tujuan jaringan komputert? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan tujuan, fungsi, dan manfaat dari jaringan komputer.

Tujuan jaringan komputer

Sebagai sistem yang menghubungkan beberapa perangkat komputer sekaligus, tujuan jaringan komputer adalah untuk membuat antar perangkat itu dapat berkomunikasi satu sama lain.

Komunikasi antar perangkat komputer dalam satu jaringan dimungkinkan lantaran didukung dengan seperangkat hardware dan software. Untuk membuat beberapa komputer bisa saling berkomunikasi, terdapat beberapa hardware yang dibutuhkan.

Hardware tersebut seperti, tetapi tidak terbatas pada perangkat komputer server, perangkat komputer client, kabel jaringan, Hub atau Switch sebagai alat pengatur arus komunikasi antar komputer, router, dan sebagainya.

Sedangkan software jaringan komputer, biasa terdiri dari perangkat lunak untuk mengarsipkan data, perangkat lunak untuk mengatur jaringan, perangkat untuk mengakses alat lain, dan lainnya.

Baca juga: 6 Jenis Topologi Jaringan Komputer serta Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Hardware dan software itu dikombinasikan dengan susunan yang bisa berbeda-beda menyesuaikan kebutuhan pengguna serta jenis dan topologi dari jaringan komputer. Lalu, apa fungsi jaringan komputer dengan susunan hardware dan software tersebut?

Fungsi jaringan komputer

Hardware dan software seperti yang disebutkan di atas dikombinasikan dengan tujuan agar antar perangkat dalam jaringan komputer bisa berkomunikasi.

Dalam komunikasi yang dilakukan antar perangkat komputer, fungsi jaringan komputer adalah untuk berbagi sumber daya dan informasi (data). Proses komunikasi antar komputer memiliki fungsi untuk saling berbagi dua hal tersebut.

Berbagi sumber daya yang dimaksud dalam jaringan komputer sendiri adalah akses terhadap beberapa perangkat keras atau perangkat lunak. Pada perangkat keras, misalnya, beberapa komputer dalam satu jaringan bisa mengakses kamera CCTV atau printer.

Kemudian, untuk berbagi akses perangkat lunak dalam jaringan komputer, misalnya, beberapa perangkat komputer jadi bisa memperoleh pembaruan sistem operasi secara bersamaan dan otomatis.

Sementara itu dalam fungsi berbagi informasi, melalui jaringan komputer, satu perangkat komputer dapat menyebarkan data ke beberapa komputer lainnya sekaligus. Kemudian, data dari beberapa komputer itu juga dapat disimpan dalam satu wadah secara bersamaan.

Dengan fungsi untuk bisa saling berbagi sumber daya dan informasi (data), lalu sebenarnya apa manfaat jaringan komputer? Dikutip dari Geeksforgeeks, berikut adalah penjelasan manfaat jaringan komputer.

Manfaat jaringan komputer

Adapun beberapa manfaat jaringan komputer adalah sebagai berikut:

  • Dapat menyederhanakan dan mempercepat proses komunikasi antar komputer
  • Dapat membagi akses pada sumber daya secara efektif
  • Menghemat biaya penyediaan sumber daya perangkat keras
  • Menghemat biaya penyediaan sumber daya perangkat lunak
  • Bisa berbagi informasi atau data ke antar komputer secara fleksibel
  • Data dapat diproses secara cepat ke beberapa komputer
  • Data dapat disimpan dengan lebih terorganisir
  • Mampu meningkatkan efisiensi dan volume penyimpanan data

Baca juga: 7 Jenis Perangkat Keras Jaringan Komputer dan Penjelasan Fungsinya

Manfaat jaringan komputer secara sederhana adalah dapat membuat proses komunikasi antar komputer berjalan lebih efektif, cepat, dan hemat. Demikianlah penjelasan seputar tujuan, fungsi, dan manfaat jaringan komputer yang perlu diketahui, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com