Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Kosmetik, Ini Arti Kata Maskara atau “Mascara” yang Tengah Viral di TikTok

Kompas.com - 31/01/2023, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa hari terakhir, tengah viral di TikTok unggahan video-video yang memuat kata “mascara” atau maskara. Namun yang cukup aneh, kata tersebut tidak dipakai untuk menjelaskan suatu produk kosmetik.

Baca juga: Arti Kata “The Sunset is Beautiful Isn’t It” yang Banyak Dipakai Anak Twitter

Di beberapa video TikTok yang memuat kata mascara atau maskara, pengguna hanya menceritakan masa lalunya dengan benda tersebut. Salah satu contoh video itu bisa dilihat lewat unggahan di bawah ini dari akun dengan handle @kayyybarbieee.

@kayyybarbieee it’s not about mascara ???? #fyp #fyp? #mascara #mascaratrend ? constellations by duster - ‍

Pada video yang telah ditonton sekitar tiga juta kali itu, terdapat pengguna yang tampak sedang sedih dan muncul tulisan kekecewaan dalam bahasa Inggris yang memuat kata mascara. Tulisan tersebut bila diterjemahkan bisa memiliki arti seperti di bawah ini.

“Aku menemukan maskara terbaik yang pernah ada, tetapi maskara itu berubah dan membuat bulu mataku benar-benar rontok dan sekarang aku tidak tahu apakah aku akan mempercayai maskara yang lain,” tulis @kayyybarbieee di video TikToknya.

Selain @kayyybarbieee, ada pula akun dengan handle @professionalmeateater yang turut mengunggah video seperti di bawah ini dengan tulisan bernada sedih dan memuat kata mascara atau maskara.

@professionalmeateater lol! #mascaratrend #fyp? #xyzbca #foryou ? constellations by duster - ‍

Sama seperti video sebelumnya, video di atas juga menampilkan tulisan yang menjelaskan maskara yang pernah disukai pengguna telah merusak bulu matanya. Atas kejadian itu, pengguna jadi takut buat mencoba maskara baru yang lain.

Penggunaan kata maskara yang viral di TikTok seperti pada dua contoh video tersebut bisa dibilang cukup aneh. Biasanya, saat menggunakan kata ini, video di TikTok bakal memuat konten yang berisi mengenai review atau ulasan atas sebuah produk maskara.

Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dengan maskara di beberapa video TikTok? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai arti mascara yang tengah viral di TikTok.

Arti maskara yang viral di TikTok

Secara harfiah seperti yang cukup umum diketahui, arti mascara atau maskara adalah sebuah kosmetik dengan fungsi untuk membuat bulu mata bisa menjadi jadi lebih tebal, panjang, atau lentik.

Namun, arti maskara yang viral di TikTok tidak merujuk pada arti secara harfiah tersebut. Istilah mascara seperti di video-video TikTok memiliki makna lain yang mengacu pada satu subjek atau seseorang.

Dikutip dari Dexerto, di beberapa video TikTok, maskara artinya adalah seseorang pasangan dalam hubungan percintaan. Bila merujuk pada dua video di atas, berarti maskara dipakai sebagai kata ganti dari seorang pasangan.

Dengan arti mascara sebagai seorang pasangan dalam hubungan percintaan, dua video TikTok di atas berusaha untuk menerangkan pengalaman percintaan bersama maskara atau “kekasih” di masa lalu yang berakhir menyedihkan.

Selain sebagai seorang pasangan kekasih, beberapa pengguna di TikTok juga mengartikan maskara untuk merujuk pada alat kelamin laki-laki. Penggunaan kata maskara dengan arti tersebut biasanya ditujukan agar pengguna tidak terkena sensor di TikTok.

Baca juga: Arti Kata “Barcode” yang Sering Dipakai di Medsos buat Kode Kondisi Kesehatan Mental

Untuk diketahui, TikTok sendiri memiliki sensor otomatis pada kata atau istilah yang mengandung unsur vulgar (NFSW). Demikianlah penjelasan lengkap seputar arti maskara yang tengah viral di TikTok, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com