Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 10 Aplikasi yang Paling Boros Baterai di Smartphone

Kompas.com - 31/01/2023, 16:02 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Ada banyak aplikasi yang dapat diinstal di smartphone. Namun, tahukah Anda bahwa aplikasi bisa menguras baterai ponsel meskipun sedang tidak digunakan?

Hal ini terjadi karena aplikasi tersebut dapat berjalan di latar belakang (background) sistem, sehingga tetap mengonsumsi daya ponsel meski tidak digunakan.

Nah, firma riset pCloud merangkum daftar 10 aplikasi yang paling banyak menguras daya baterai. Aplikasi dalam daftar ini didominasi oleh aplikasi media sosial.

Namun, bukan berarti jenis aplikasi tersebut yang paling banyak menguras baterai. Sebab, posisi pertama justru ditempati oleh aplikasi pelacak kesehatan. Berikut ini rinciannya.

  1. Fitbit
  2. Uber
  3. Skype
  4. Facebook
  5. Airbnb
  6. Instagram
  7. Tinder
  8. Bumble
  9. Snapchat
  10. WhatsApp

Firma pCloud sendiri merangkum daftar itu berdasarkan tiga faktor. Pertama apa saja yang dipakai atau diakses aplikasi, misalnya lokasi atau kamera. Kedua, baterai yang dikonsumsi dan ketiga adalah apakah aplikasi itu menawarkan mode gelap.

Baca juga: Mantan Karyawan Sebut Aplikasi Facebook Bisa Sengaja Kuras Baterai Perangkat

Dari ketiga faktor itu, pCloud menghimpun total 100 aplikasi yang paling banyak menguras baterai ponsel. Sepuluh di antaranya seperti disebutkan di atas.

Fitbit paling boros baterai, aplikasi medsos mendominasi

Aplikasi pertama dalam daftar aplikasi yang paling menguras baterai adalah Fitbit. Aplikasi pelacak kesehatan ini menurut riset pCloud menguras paling banyak baterai karena mengakses banyak hal.

Dari total 16 jenis data yang ditentukan, 14 di antaranya diakses oleh Fitbit, termasuk akses ke foto/media, hingga kamera maupun SMS.

Aplikasi yang paling boros bateraipCloud Aplikasi yang paling boros baterai

Karena banyaknya data yang diakses, aplikasi Fitbit terus berjalan di background ponsel sembari menguras baterai perangkat.

Dari total persentase 100 persen, aplikasi Fitbit mendapatkan skor paling tinggi hingga 92,31 persen di antara aplikasi lain yang paling menguras baterai ponsel.

Temuan menarik lainnya dari riset pCloud yaitu bahwa aplikasi media sosial mendominasi daftar aplikasi yang paling menguras baterai. Aplikasi itu termasuk Facebook, Instagram, Snapchat, Youtube, WhatsApp, hingga Linkedin.

Baca juga: Waspada, 200 Aplikasi Berbahaya di Android dan iOS Ini Bisa Kuras Isi Rekening

Menurut pCloud, rata-rata aplikasi media sosial itu mengakses 11 jenis data, termasuk foto, WiFi, lokasi hingga mikrofon di background ponsel. Aplikasi ini juga menguras cukup banyak daya ketika dipakai pengguna.

Selain Fitbit dan sejumlah aplikasi media sosial, aplikasi kencan online juga termasuk kategori aplikasi yang paling menguras baterai. Sama seperti media sosial, aplikasi kencan online mengakses 11 jenis data di background ponsel.

Adapun 10 aplikasi yang disebutkan di atas merupakan aplikasi yang cukup populer di antara pengguna smartphone. Bila Anda ingin lebih menghemat kapasitas baterai Anda, Anda bisa menyortir aplikasi dan mempertahankan aplikasi yang paling penting saja.

Anda juga bisa mengandalkan satu aplikasi, ketimbang menginstal beberapa aplikasi dengan fungsi yang sama. Misalnya hanya menginstal satu aplikasi kencan atau lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com