Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

EA Tutup Game Apex Legends Mobile dan Battlefield Mobile

Kompas.com - 01/02/2023, 08:01 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penerbit dan pengembang game Electronic Arts (EA) mengumumkan pihaknya akan menutup layanan dan pengembangan dua game mobile populer bikinan mereka, yaitu Apex Legends Mobile dan Battlefield Mobile

Informasi ini disampaikan tim EA dalam sebuah pengumuman di blog resmi perusahaan tersebut.

Menurut EA, penutupan kedua game ini terpaksa dilakukan karena dianggap tidak memenuhi ekspektasi berbagai pihak, baik itu pemain, mitra pengembang, maupun EA itu sendiri. 

"Meski momen peluncuran Apex Legends Mobile terbilang sangat baik, pengalaman yang diberikan game itu saat ini ternyata tidak sesuai ekspektasi. Setelah berbulan-bulan berdiskusi dengan berbagai mitra, kami akhirnya memutuskan untuk menutup game tersebut," kata EA, dikutip KompasTekno dari EA.com, Rabu (1/2/2023).

Baca juga: Game Ini Dijual Rp 15 Juta di Steam, Begini Cerita di Baliknya

"Kami juga dengan berat hati bakal menghentikan pengembangan game Battlefield Mobile. Hal ini kami lakukan supaya kami bisa fokus pada game seri Battlefield di platform lain, seperti Battlefield 2042, demi memuaskan pengguna yang cinta seri game tersebut," imbuh EA.

Khusus untuk Apex Legends Mobile, EA mengatakan pihaknya mencabut seluruh fitur transaksi di dalam game (in-app purchase) mulai 31 Januari 2023 pukul 13.00 waktu server PST atau pada 1 Februari 2023 pukul 04.00 WIB.

Artinya, pengguna tak bisa lagi menghabiskan uang mereka untuk mengisi (top up) uang atau saldo di Apex Legends Mobile yang dijuluki "Syndicate Gold", yang biasa dipakai untuk membeli beragam barang, skin, atau aksesori di dalam game. 

Game battle royale ini masih bisa dimainkan pengguna di wilayah operasional Apex Legends Mobile hingga 1 Mei 2023 mendatang tepat pukul 16.00 waktu server PDT atau 2 Mei 2023 pukul 06.00 WIB.

Hingga tenggat waktu penutupan server tersebut, pemain juga masih bisa menghabiskan Syndicate Gold mereka untuk membeli beragam barang di Apex Legends Mobile, selain memainkan game tersebut bersama teman mereka untuk terakhir kalinya.

Namun setelah tanggal 1 Mei 2023, game Apex Legends Mobile akan tidak bisa dimainkan lagi, dan pengguna dipastikan tidak akan bisa masuk (login) ke dalam game.

Adapun pemain yang sudah menghabiskan uang mereka di Apex Legends Mobile untuk membeli berbagai barang premium di game ini tidak akan mendapatkan benefit uang kembali (refund).

Sementara untuk Battlefield Mobile, versi stabil untuk game ini sebenarnya belum diluncurkan EA ke publik.

Baca juga: 10 Game HP yang Paling Banyak Di-download di Indonesia

Saat ini, beberapa pengguna hanya bisa memainkan Battlefield Mobile yang masih dalam versi pengembangan, lantaran game ini masih tersedia dalam tahap soft launch.

Dengan kata lain, EA tampaknya sudah melihat bahwa Battlefield Mobile bukan merupakan game yang bakal mendatangkan keuntungan, atau setidaknya bakal menarik minat para penggemar seri game Battlefield, di masa depan.

Apex Legends Mobile punya awal cemerlang

Tangkapan layar Apex Legends MobileElectronic Arts Tangkapan layar Apex Legends Mobile
Seperti diketahui, Apex Legends Mobile diluncurkan EA pada Mei 2022 lalu, sekitar tiga tahun setelah Apex Legends versi PC dan konsol meluncur pada Februari 2019.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com