Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Fitur Komunikasi Satelit iPhone Selamatkan Nyawa Dua Wanita yang Tersesat

Kompas.com - 01/02/2023, 13:01 WIB

KOMPAS.com - Komunikasi satelit atau disebut juga "emergency SOS", merupakan fitur baru yang hadir di iPhone 14 series pada September 2022. Seperti namanya, fitur tersebut memungkinkan pengguna mengirim sinyal bantuan lewat pesan melalui satelit, tanpa harus ada jaringan internet.

Sejak dirilis, fitur ini beberapa kali menyelamatkan penggunanya, termasuk yang terjadi baru-baru ini.

Sekitar akhir bulan Desember lalu, dua orang wanita yang dilaporkan tersesat di Kanada, akhirnya ditemukan berkat fitur komunikasi satelit di iPhone 14.

Kejadian ini bermula saat dua wanita yang tidak disebutkan identitasnya itu, melakukan perjalanan ke wilayah Alberta, salah satu provinsi di Kanada. Saat perjalanan pulang, tol yang hendak mereka lalui ternyata ditutup.

Walhasil, mereka pun mencari alternatif jalan lewat Google Maps, yang mengarahkan ke jalan “Holmes Forrest Service Road”, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmo China, Rabu (1/2/2023).

Baca juga: Bukan Gimmick, Komunikasi Satelit iPhone 14 Benar-benar Selamatkan Nyawa

Jalan tersebut merupakan wilayah dekat pedesaan kecil di British Columbia, Kanada. Namun, jalan tersebut tengah dikeruk oleh grader atau mobil alat berat untuk meratakan jalan, sejak minggu lalu karena telah diselimuti oleh salju.

Namun, ada sebagian jalan yang belum dikeruk dan masih diselimuti es. Kendati demikian, keduanya tetap melanjutkan perjalanan, hingga akhirnya menabrak timbunan es yang cukup tebal dan tinggi, yang kemudian membuat mobil mereka terjebak.

Keduanya pun berada di situasi yang cukup sulit. Sebab, selain mobilnya terjebak di timbunan es dan hamparan salju, lokasi itu juga sulit terjangkau internet. Sehingga, mereka pun kesulitan untuk meminta bantuan lewat sambungan telepon seluler maupun internet.

Ternyata, salah satu dari mereka ada yang menggunakan perangkat iPhone 14 dan mencoba memanfaatkan fitur komunikasi satelit tersebut. Saat diaktifkan, pesan tersebut langsung diterima pusat panggilan (call centre) Apple dan disambungkan ke kontak darurat di Kanada (Nothern 911).

Kemudian, mereka langsung menghubungi tim SAR di wilayah British-Colombia untuk segera melakukan pencarian. Sesampinya di lokasi, tim SAR segera mengeluarkan mobil yang terjebak di tumpukan es dan membantu keduanya kembali ke arah perjalanan pulang mereka.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke