Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Ini 5 Tips Menghindari Penipuan Online di WA yang Marak Terjadi Belakangan

Kompas.com - 01/02/2023, 15:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com- Beberapa waktu terakhir ini, marak beredar modus penipuan online di aplikasi pesan instan WhatsApp (WA) dengan berbagai macam metode. Dalam rentang kurang lebih sebulan ini saja, terdapat tiga modus penipuan online di WA.

Tiga modus penipuan online di WA itu dilakukan antara lain dengan menggunakan metode membagikan link undangan nikah palsu atau link tagihan BPJS kesehatan palsu, serta mengundang korban untuk jadi anggota grup WA Shopee palsu.

Baca juga: Apa Itu Kode OTP yang Bisa Dicuri dalam Modus Penipuan Link Undangan Nikah di WhatsApp?

Link dan grup WA palsu itu hanya dijadikan alat untuk mengelabui korban supaya mau melakukan tindakan lanjutan yang diinginkan penipu, yaitu menginstal file aplikasi APK (format aplikasi untuk ponsel Android).

Upaya mengelabui korban dengan link dan grup WA palsu tersebut bisa dikategorikan sebagai phising. Aplikasi yang dibagikan melalui informasi phising bukanlah aplikasi biasa, melainkan dapat merugikan korban.

Bila aplikasi APK jahat tersebut diinstal, penipu dapat memperoleh akses tanpa sepengetahuan ke berbagai layanan di ponsel korban seperti SMS. Kemudian, mencuri data rahasia atau data kredensial yang ada di dalamnya.

Dampaknya, penipu dapat membaca data kredensial seperti kode OTP (One Time Password) dalam SMS yang biasa dipakai untuk mengautentikasi akun dan transaksi pada platform digital di ponsel.

Ketika kode OTP yang bersifat sangat rahasia jatuh ke tangan pencuri, isi rekening bank milik korban yang berada di platform mobile banking berpotensi tinggi dapat dikuras secara diam-diam.

Modus penipuan online di WA lewat informasi phising yang tengah marak terjadi ini sejatinya telah menelan beberapa korban dan berhasil mencuri hingga jutaan rupiah. Untuk membuat korban percaya, penipu bakal menggunakan metode phising yang bervariasi.

Lantas, bagaimana cara menghindari penipuan online? Kendati metode phising dalam modus penipuan online terus berganti, namun terdapat beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menghindarinya.

Supaya lebih waspada dan tidak muncul korban lain, berikut adalah tips atau cara menghindari penipuan online di WA yang marak terjadi.

Cara menghindari penipuan online di WA

1. Cek nomor telepon di GetContact

Pertama, bila menerima pesan WA berisi penawaran aneh dari kontak asing atau tak dikenal, cobalah untuk cek nomor teleponnya dulu di aplikasi GetContact. Ini penting dilakukan untuk mengetahui nama pemilik nomor itu yang disematkan oleh pengguna lain.

GetContact dapat menampilkan informasi nama atau tanda yang diberikan para pengguna lain pada sebuah nomor telepon. Aplikasi GetContact dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store.

Baca juga: Jangan Asal Klik, Ini Ciri-ciri Link Phising atau Penipuan yang Bisa Curi Data Pengguna

Bila setelah dicek di aplikasi GetContact banyak pengguna lain memberi nama nomor telepon tersebut sebagai “penipu”, sebaiknya pesan WA dari nomor itu jangan dihiraukan, abaikan saja.

2. Cek nomor telepon asli milik pihak yang dicatut penipu

Dalam rangka membuat korban percaya dan masuk jebakan untuk menginstal aplikasi APK jahat, penipu bakal menggunakan segala cara. Salah satunya adalah mereka umumnya memperkenalkan diri dengan kedok sebagai pihak dari instansi atau perusahaan tertentu.

Untuk mengetahui kedok itu, cobalah cek nomor telepon asli milik pihak yang dicatut penipu. Misal, nomor telepon WhatsApp asli untuk layanan BPJS Kesehatan adalah 0811875400 atau 08118165165.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com