Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Memanfaatkan HP Bekas, Bisa Jadi Remote sampai CCTV

Kompas.com - 01/02/2023, 18:03 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siklus pergantian ponsel kian cepat seiring dengan semakin terjangkaunya harga perangkat. Selain itu, percepatan adopsi teknologi baru juga turut mendorong konsumen untuk lekas mengganti ponsel lawas ke ponsel baru.

Di sisi lain, siklus pergantian ponsel khususnya smartphone ini justru membuat HP bekas kian menumpuk dan tak terpakai. Jika dibiarkan, tumpukan HP bekas itu akan menjadi limbah elektronik. 

Nah, bila Anda termasuk pengguna yang memiliki beberapa ponsel atau smartphone bekas, Anda bisa memanfaatkannya untuk banyak hal. Sebab, fitur-fitur sederhana yang ditunjang oleh ponsel bekas, mayoritas bisa dimanfaatkan untuk kehidupan kita saat ini.

Misalnya dengan memanfaatkan kamera ponsel bekas sebagai kamera CCTV dan lain sebagainya. Lantas apa lagi kegunaan ponsel bekas yang bisa dimanfaatkan alih-alih dibuang begitu saja? Berikut 5 tips memanfaatkan HP bekas.

1. Remote control

HP bekas bisa Anda manfaatkan sebagai remote control. Untuk menjadikan ponsel bekas sebagai remote, tak perlu ponsel yang begitu canggih karena ponsel Android lawas pun bisa difungsikan sebagai remote.

Baca juga: 5 Besar Merek Smartphone Dunia Tahun 2022, Samsung Teratas

Caranya, unduh aplikasi seperti Unified Remote, Universal TV Remote, atau Galaxy Universal Remote. Namun perlu dicatat bahwa aplikasi ini membutuhkan fitur inframerah/infrared agar ponsel bisa difungsikan sebagai remote.

Ilustrasi aplikasi Roku Remote.Lifewire Ilustrasi aplikasi Roku Remote.
Dengan beberapa aplikasi di atas, Anda bisa mengontrol aneka perangkat seperti komputer, televisi, pemutar media dan lainnya.

Sejumlah layanan streaming seperti Youtube TV atau Apple TV juga menyediakan aplikasi resmi yang memungkinkan pengguna menjadikan aplikasi itu sebagai remote, alih-alih memakai remote TV. Anda bisa mengunduh aplikasi itu dari toko aplikasi Play Store maupun App Store.

2. Mouse dan keyboard komputer

Bila Anda pengguna komputer namun ingin memiliki trackpad seperti pengguna laptop, Anda bisa memanfaatkan HP bekas sebagai alternatif.

Caranya yaitu dengan memakai aplikasi Unified Remote dan menghubungkan ponsel ke komputer melalui Bluetooth. Pastikan pula ponsel Anda terhubung ke WiFi untuk menjalakan aplikasi.

Dengan aplikasi itu, ponsel Anda bisa dipakai sebagai mouse atau trackpad maupun keyboard untuk memberikan input ke komputer.

Praktik ini bisa dilakukan untuk komputer berbasis Windows, macOS maupun Linux.

3. CCTV

HP bekas Anda juga bisa dipakai sebagai kamera keamanan atau CCTV. Namun pastikan kamera ponsel masih berjalan dengan baik.

Ilustrasi kamera ponselJonah Pettrich Ilustrasi kamera ponsel
Untuk menjadikan HP bekas sebagai CCTV, Anda bisa mengunduh aplikasi kamera CCTV seperti Alfred atau IP Webcam.

Bila Anda memakai aplikasi Alfred, Anda harus memasang aplikasi tersebut di dua ponsel berbeda untuk melihat pratinjau kamera.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com