Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri Instagram Bikin Medsos Baru “Artifact”, TikTok dalam Bentuk Teks

Kompas.com - 02/02/2023, 07:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Platformer

KOMPAS.com - Duo pendiri Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger mengungkap mereka tengah mengembangkan media sosial (medsos) baru bernama “Artifact”.

Systrom dan Krieger sebelumnya sempat cekcok dengan Facebook dan sama-sama memilih resign dari Meta (induk Facebook) pada 2018 lalu. Artifact sendiri merupakan aplikasi berbasis teks yang mengandalkan pembelajaran mesin (machine learning).

Basis teks yang dimaksud di sini adalah kumpulan artikel berita yang nantinya akan disuguhkan oleh sistem. Apabila artikel tersebut dirasa menarik, pengguna dapat mendiskusikan topik tersebut bersama kerabat/teman.

Untuk mempermudah gambaran dari medsos baru tersebut, bisa bayangkan aplikasi TikTok, namun bentuknya berbasis teks.

Baca juga: Drama di Balik Hengkangnya Dua Pendiri Instagram dari Facebook

Pengguna bisa mengeklik artikel yang menarik perhatian, lalu sistem Artifact bakal menyuguhkan artikel dengan topik serupa di masa mendatang. Ringkasnya, cara kerja sistem ini mirip saat pengguna menggulir video di laman "For You" TikTok.

Artifact sendiri akan menampilkan sejumlah artikel populer yang telah dipilih/dikurasi dari beberapa penerbit. Mulai dari penerbit ternama, seperti media arus utama, hingga penerbit skala kecil yang menampilkan topik artikel lebih spesifik.

Fitur lain yang bakal ditawarkan adalah pengguna dapat mengontrol kolom komentar, tampilan feeds yang berisi ungghanan dan komentar dari akun yang di-follow, hingga direct message (DM) untuk melakukan diskusi bersama teman secara pribadi.

Artifact yang merupakan kepanjangan dari articles (artikel), facts (fakta), dan artificial intelligence (AI/kecerdasan buatan), tengah membuka pendaftaran bagi yang ingin mencobanya lebih dulu.

Peminat saat ini sudah bisa mendaftar melalui situs resmi Artifact, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Platformer, Kamis (2/2/2023).

Pendaftaran tersebut ditujukan untuk pengguna yang ingin mengetahui info terkini dari pengembangan Artifact.

Baca juga: Dominasi Mark Zuckerberg Jadi Penyebab Pendiri Instagram Mundur?

Namun, untuk saat ini, aplikasi tersebut baru digulirkan versi beta. Artinya, masih belum digelontorkan secara resmi kepada publik dan masih dalam tahap uji coba. Aplikasi tersebut nantinya akan tersedia untuk seluruh pengguna iOS dan Android.

Systrom memastikan bahwa aplikasi buatannya bakal bertanggung jawab untuk memberikan artikel dan informasi berkualitas tinggi.

Maka dari itu, ia berupaya untuk merekrut penerbit yang memiliki kualitas dan standar redaksi berita. Pengguna yang mengunggah artikel atau informasi yang menyimpang juga akan dihapus oleh sistem.

Tidak hanya itu, potensi dari kecerdasan buatan, menurut Systrom, juga sangat menjanjikan di masa mendatang. Itulah yang menjadi alasan Artifact juga mengandalkan AI untuk menyuguhkan berita ke pengguna.

“Saya rasa pembelajaran mesin menjadi hal paling keren yang tidak bisa dihindari untuk saat ini. Bukan karena terkesan modern, tetapi saat sistem tau Anda suka topik tertentu, sistem akan menyajikannya ke pada Anda,” pungkas Systrom.

Duo pendiri Instagram tersebut juga mengumbar model bisnis yang mereka terapkan. Mereka berencana untuk menerapkan sistem bagi hasil dengan para penerbit.

Bila bisnis ini terus berkembang, hal tersebut dapat membantu pengguna mendapat penerbit yang baru dan mendorong mereka untuk subscribe.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Platformer
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com