Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Twitter "Fanbase" dan "Menfess" Terancam Punah

Kompas.com - Diperbarui 06/02/2023, 09:34 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Akun-akun Twitter bertema "Fanbase" dan "Menfess" terancam berhenti beroperasi, akibat kebijakan baru yang ditetapkan Twitter.

Elon Musk yang baru saja membeli Twitter, membuat beragam kebijakan baru untuk membuat platform media sosial yang dibelinya, Twitter mendulang keuntungan. 

Yang terbaru, mulai pekan depan, Twitter tak akan lagi menggratiskan pengguna memakai Twitter API (Application Programming Interface) untuk berbagai kepentingan.

Artinya, akun-akun fanbase dan menfess yang selama ini menggunakan API Twitter untuk bekerja, bisa berhenti beroperasi jika tidak beralih menggunakan API berbayar.

Hal ini disampaikan langsung dari akun tim pengembang Twitter dengan handle @TwitterDev.

Baca juga: Arti Kata Menfess yang Sering Dipakai di Twitter

"Mulai 9 Februari 2023, kami tidak akan menyediakan akses gratis ke Twitter API, baik itu versi 1.1 maupun versi 2. Sebagai gantinya, kami akan menyediakan Twitter API bagi mereka yang mau membayar," tulis tim pengembang Twitter.

Sederhananya, Twitter API merupakan suatu sistem atau kumpulan data di Twitter yang bisa digunakan oleh pengguna atau pengembang aplikasi pihak ketiga untuk aneka kepentingan.

Biasanya, pengguna umum memakai Twitter API untuk membuat berbagai akun penggemar (fanbase), pusat akun "curhat" tanpa menyebut seseorang (menfess), hingga berbagai akun komunitas lainnya.

Dengan Twitter API, akun-akun tersebut bisa membalas twit seorang pengguna secara otomatis dengan beragam kode atau tanda pagar (tagar) yang telah ditentukan. Artinya, admin akun tidak perlu repot-repot membalas twit satu persatu.

Baca juga: Mantan Karyawan Ungkap Ada GodMode di Twitter

Nah dengan kebijakan terbaru ini, akun fanbase atau menfess yang ingin tetap menggunakan Twitter API otomatis akan harus membayar uang berlangganan, apabila ingin tetap menggunakan sistem atau data Twitter.

Jika tak mau membayar, maka akun-akun tersebut akan kehilangan fungsi yang tadinya mengandalkan Twitter API, salah satunya seperti membalas twit otomatis tadi. 

Twitter tidak menyebut berapa biaya langganan yang harus dibayar pengguna apabila ingin menggunakan Twitter API. Informasi ini, menurut Twitter, akan disampaikan dalam beberapa waktu ke depan. 

Twitter sendiri sebenarnya saat ini menyediakan layanan berbayar untuk pengguna atau perusahaan yang ingin menggunakan data Twitter secara lengkap (Twitter API Premium), di samping Twitter API versi gratis. 

Twitter tidak pernah mengumbar berapa biaya Twitter API Premium, namun harganya konon dipatok di angka terendah 99 dolar AS (sekitar Rp 1,4 juta) per bulan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Jumat (3/2/2023).

Kenapa jadi berbayar?

ilustrasi TwitterCNET ilustrasi Twitter

Halaman:
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com