Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] Google Bard, Pesaing Baru ChatGPT | Oppo Reno8 T 4G Resmi di Indonesia

Kompas.com - 08/02/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Google akhirnya benar-benar meluncurkan pesaing ChatGPT, bernama Bard.
Peluncuran Bard menjadi salah satu berita teknologi populer di KompasTekno. Selain Bard, peluncuran Oppo Reno8 T 4G juga menarik perhatian pembaca.

Ada juga cara cek postingan pertama Instagram yang disukai (like), tren yang tengah ramai di Twitter. Selengkapnya, berikut rangkuman berita teknologi populer di KompasTekno.

Baca juga: [POPULER TEKNO] Pelaku TI Khawatir ChatGPT Dipakai Penjahat Siber | Ada Fitur Penting Absen di Galaxy S23, Bos Samsung Buka Suara

Google umumkan Bard, pesaing ChatGPT

Google tampaknya benar-benar khawatir akan popularitas ChatGPT. Akhirnya, Google menjawab kekhawatiran itu dengan meluncurkan Bard, chatbot berbasis AI, serupa ChatGPT.

Peluncuran Bard diumumkan langsung oleh CEO Google dan Alphabet, Sundar Pichai dalam sebuah postingan di blog resmi Google.

Menurut Pichai, Bard bakal mengandalkan model AI yang sudah diumumkan dan dikembangkan Google sejak bertahun-tahun lalu, yang bernama Language Model for Dialogue Applications (LaMDA).

Penampakan Google Bard bisa disimak di artikel "Google Umumkan Bard, Chatbot AI Pesaing ChatGPT".

Baca juga: Mengenal Bard, Chatbot AI Baru Bikinan Google Pesaing ChatGPT

Oppo Reno8 T 4G resmi di Indonesia

Oppo Indonesia akhirnya resmi memboyong Oppo Reno8 T 4G ke Tanah Air. Ponsel tersebut merupakan pelengkap dari Oppo Reno 8 Series yang sudah tersedia di pasar seperti Reno8 4G, Reno8 5G, Reno8 Z 5G, dan Reno8 Pro 5G.

Oppo Reno8 T 4G dibekali layar datar berbentang 6,43 inci dengan resolusi full HD Plus dan refresh rate 90 Hz. Di Indonesia, ponsel ini dijual dengan harga Rp 4,9 juta.

Spesifikasi Oppo Reno8 T 4G selengkapnya bisa disimak di artikel "Oppo Reno8 T 4G Resmi di Indonesia, Harga Rp 4,9 Juta".

Baca juga: 4 Fitur Unggulan di Oppo Reno8 T 4G yang Dibanderol Rp 4,9 Juta

Ramai di Twitter, ini cara mengecek postingan Instagram pertama yang di-like

Tren baru muncul lagi di Twitter. Kali ini, warganet saling memamerkan postingan Instagram pertama yang mereka sukai atau like.

Cara mengecek postingan Instagram pertama yang disukai memang tidak sulit. Hanya saja, caranya sedikit rumit lantaran fitur ini cukup tersembunyi.

Selengkapnya bisa menyimak artikel "Ramai di Twitter, Begini Cara Cek Postingan Instagram yang Di-like Pertama Kali".

Baca juga: Sutradara Gladiator Ridley Scott Bikin Film Pendek Pakai Samsung Galaxy S23 Ultra

Dell PHK 6.600 karyawan

Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) atau layoff di industri teknologi masih berlanjut. Kali ini, perusahaan komputer AS, Dell Technologies, mem-PHK sebanyak 6.650 karyawannya atau 5 persen dari total karyawan Dell secara global.

Pengumuman PHK disampaikan Vice Chairman and Co-Chief Operating Officer Dell, Jeff Clarke lewat sebuah posting di blog resmi Dell.

Tanpa menyebutkan total pegawai yang kena layoff, Clarke hanya mengatakan bahwa perusahaan akan mendukung pegawai yang di-PHK untuk mendapatkan peluang pekerjaan selanjutnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com