Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengaktifkan Mode Jangan Ganggu di iPhone dengan Mudah via Focus

Kompas.com - 08/02/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sejak versi sistem operasi iOS 15 dirilis pada 2021 hingga iOS 16 saat ini, Apple telah membekali iPhone dengan fitur Focus atau Fokus. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur mode pemberitahuan pada iPhone supaya lebih personal.

Fitur Focus menyajikan beberapa mode pemberitahuan iPhone yang bisa disesuaikan dengan aktivitas atau kebutuhan pengguna. Salah satu mode tersebut adalah mode jangan ganggu. Lantas, apa yang terjadi jika mode jangan ganggu diaktifkan di iPhone?

Baca juga: iPhone Bisa Cek Status Penerbangan Pesawat via iMessage, Begini Caranya

Saat mode jangan ganggu iPhone diaktifkan, beberapa pemberitahuan dari kontak atau aplikasi yang kurang penting bisa diheningkan sekaligus dalam waktu tertentu, misal saat istirahat, liburan, bekerja, dan lain sebagainya.

Lalu, di mana letak mode jangan ganggu iPhone berada sehingga bisa diaktifkan? Mode jangan ganggu iPhone terletak pada opsi “Focus” atau “Fokus” yang berada dalam menu pengaturan perangkat (Settings).

Di opsi “Focus”, selain mode jangan ganggu, sebetulnya tersedia pula beberapa mode pemberitahuan default seperti mode bekerja dan mode beristirahat. Kemudian, pengguna juga bisa membuat nama mode sendiri sesuai dengan kebutuhan pribadinya.

Tiap mode yang terdapat di opsi “Fokus”, termasuk mode jangan ganggu, sejatinya punya fungsi utama yang sama, yaitu untuk mengatur dan membatasi pemberitahuan masuk dari kontak atau aplikasi pada iPhone pengguna di waktu tertentu.

Dengan pemberitahuan atau notifikasi yang terkontrol, pengguna dapat lebih fokus untuk menjalankan aktivitas dan pekerjaannya di satu waktu. Bila ingin mengontrol pemberitahuan seperti itu, lantas bagaimana cara mengaktifkan mode jangan ganggu iPhone?

Baca juga: Apakah Boleh iPhone Dicas hingga Penuh 100 Persen?

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara mengaktifkan mode jangan ganggu di iPhone.

Cara mengaktifkan mode jangan ganggu di iPhone

  • Buka menu pengaturan perangkat dan pilih opsi “Focus” atau “Fokus”.
  • Selanjutnya, pilih mode “Do not Disturb” atau “Jangan Ganggu”.
  • Pilih kontak dan aplikasi yang dirasa penting supaya bisa mengirimkan pemberitahuan saat mode jangan ganggu aktif
  • Kemudian, atur layar utama (home) supaya hanya bisa menampilkan aplikasi tertentu yang dirasa penting saat mode jangan ganggu aktif.
  • Atur pula jadwal mode jangan ganggu untuk aktif secara otomatis, misal dari Jumat hingga Minggu, pukul 00.00 - 00.00 (24 jam).
  • Kini, mode jangan ganggu telah berhasil diaktifkan. Mode jangan ganggu iPhone bakal otomatis aktif sesuai dengan jadwal yang telah diatur sebelumnya.
  • Mode jangan ganggu dapat diaktifkan dan dinonaktifkan secara manual di luar jadwal tersebut. Caranya, buka halaman pusat kontrol dengan menggulir layar iPhone dari atas ke bawah. Kemudian, pilih kolom Fokus dan klik mode jangan ganggu.

Ilustrasi cara mengaktifkan mode jangan ganggu di iPhone via opsi Focus pada menu pengaturan perangkat.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengaktifkan mode jangan ganggu di iPhone via opsi Focus pada menu pengaturan perangkat.

Perlu diketahui, pada opsi “Fokus” terdapat opsi lain bernama “Bagikan Status Fokus”. Opsi ini memungkinkan pengguna dapat secara otomatis membagikan status bahwa mode Fokus diaktifkan atau pemberitahuan telah diheningkan pada aplikasi ke pengguna iPhone lain.

Jadi, bila opsi “Bagikan Status Fokus” diaktifkan, pengguna iPhone lain bisa memperoleh status bahwa pengguna tengah mengheningkan pemberitahuan di aplikasi seperti iMessage. Status tersebut bertuliskan seperti ini “X telah mengheningkan pemberitahuan”.

Status itu tidak akan memberitahukan nama mode Fokus yang tengah diaktifkan oleh pengguna. Cukup mudah bukan cara mengaktifkan mode jangan ganggu di iPhone? Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada iPhone dengan iOS 16.3.

Baca juga: Apa yang Terjadi jika Memakai iPhone Jailbreak? Begini 5 Risikonya

Beda versi iOS yang digunakan mungkin bakal beda pula letak opsinya. Demikianlah penjelasan mengenai cara mengaktifkan mode jangan ganggu di iPhone dengan melalui opsi “Focus”, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com