Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Twitter Kini Bisa "Ngetwit" hingga 4.000 Karakter, tapi...

Kompas.com - 09/02/2023, 09:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Twitter

KOMPAS.com - Twitter resmi menambah jumlah maksimal karakter yang bisa diposting pengguna dalam satu twit. Jika semula pengguna hanya bisa mengirimkan twit dengan maksimal 280 karakter, maka kini pengguna bisa mengunggah twit dengan maksimal 4.000 karakter

Hal ini disampaikan Twitter melalui sebuah twit di akun resmi Twitter Blue dengan handle @TwitterBlue.

Dalam postingan tersebut, Twitter mengunggah sebuah twit panjang, dengan jumlah sekitar 1.200 karakter, untuk mendemonstrasikan bahwa pengguna memang bisa mengunggah twit yang lebih dari 280 karakter. 

Baca juga: Twitter Blue Resmi di Indonesia, Harga Langganan Mulai Rp 120.000 per Bulan

Twit itu juga dipakai untuk menjelaskan cara dan syarat supaya pengguna bisa mengunggah lebih dari 280 karakter dalam satu twit. 

Salah satu syaratnya adalah pengguna wajib berlangganan layanan Twitter Blue yang berbanderol Rp 120.000/bulan di Twitter versi web atau Rp 165.000/bulan di Twitter versi Android atau iOS.

Nah, jika pengguna telah berlangganan, maka mereka tampaknya otomatis akan langsung bisa mengunggah twit yang lebih dari 280 karakter, baik itu di unggahan, balasan (reply), atau melalui "Quote Tweet".

Namun, twit panjang tersebut untuk saat ini tidak bisa disimpan sebagai draft dan tidak bisa dijadwalkan. Artinya, jika pengguna ingin mengunggah twit panjang, mereka harus menulis dan langsung mengunggah twit tersebut saat itu juga.

Baca juga: Twitter Blue Hadir di Android, Harga Langganan Setara iOS

Nantinya, seluruh pengguna Twitter, baik itu yang berlangganan Twitter Blue atau yang tidak, akan tetap bisa melihat twit panjang ini.

Adapun twit panjang tersebut akan dipersingkat supaya Twitter tetap nyaman ditelusuri. Jika pengguna ingin melihat keseluruhan twit, mereka bisa mengeklik tombol "Show more" di sebuah postingan yang lebih dari 280 karakter.

Perlu dicatat, benefit twit dengan jumlah maksimal 4.000 karakter ini tampaknya hanya berlaku bagi pelanggan Twitter Blue di Amerika Serikat (AS) saja, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Twitter.com, Kamis (9/2/2023).

Tidak disebutkan kapan fitur ini bisa dipakai pelanggan Twitter Blue di wilayah lain. Namun, ada kemungkinan benefit twit dengan jumlah maksimal 4.000 karakter ini akan menyambangi negara lainnya, seperti Indonesia, dalam beberapa waktu ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Twitter


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com