Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zomato Resmi Tutup Layanan di Indonesia

Kompas.com - 09/02/2023, 09:15 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Zomato

KOMPAS.com - Aplikasi direktori restoran dan pesan antar makanan Zomato resmi menyetop operasionalnya di Indonesia. Artinya, konsumen Indonesia kini tak bisa lagi mencari referensi tempat makanan dan restoran enak di Tanah Air melalui Zomato. 

Hal ini disampaikan pihak Zomato dalam sebuah poster (banner) pengumuman terbaru, yang bakal bisa dilihat konsumen Indonesia ketika mengakses situs web Zomato.com atau aplikasi Zomato di smartphone.

"Saatnya untuk mengucapkan perpisahan! Kehadiran kami di Indonesia merupakan perjalanan yang hebat, tetapi sayangnya kami harus menghentikan operasi kami di sini!," tulis Zomato dalam sebuah pengumuman, dikutip KompasTekno dari Zomato.com, Kamis (9/2/2023).

Tampilan aplikasi Zomato ketika mengakses daftar makanan berdasarkan lokasi di Indonesia (kiri) dan India (kanan).KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan aplikasi Zomato ketika mengakses daftar makanan berdasarkan lokasi di Indonesia (kiri) dan India (kanan).

Pihak Zomato tidak mengumbar alasan mengapa Zomato kini sudah tidak bisa diakses lagi di Indonesia, serta sejak kapan mereka sudah menyetop operasionalnya di Tanah Air.

Baca juga: Situs Belanja Elevenia Diam-diam Tutup Layanan di Indonesia

Yang jelas, aplikasi tersebut, berdasarkan penelusuran KompasTekno, masih bisa diunduh dari Play Store atau App Store, dan kami masih bisa masuk (login) mengugnakan akun kami.

Namun ketika mencari restoran berdasarkan lokasi manapun di Indonesia, kami tidak bisa melihat daftar restoran yang ada di sekitar kami. 

Hal ini terbilang wajar karena aplikasi Zomato memang belum ditutup, dan masih bisa digunakan untuk mencari restoran di negara lain, seperti India dan Uni Emirat Arab (UAE). 

Kami pun bisa melihat daftar restoran dan rekomendasi tempat makanan yang ada di sekitar India, ketika kami memasukkan lokasi di sebuah kawasan di sana. 

"Anda (pengguna Indonesia) masih bisa menelusuri berbagai restoran dan memesan makanan dari berbagai tempat makanan rekomendasi di Zomato di India dan UAE," jelas Zomato. 

Tutup kantor di Indonesia sejak 2020

Ilustrasi aplikasi kuliner ZomatoApp Store Ilustrasi aplikasi kuliner Zomato

Penutupan operasional Zomato di Indonesia ini tampaknya bukan hal yang mengejutkan. Sebab, perusahaan asal India tersebut sudah menutup kantor cabangnya yang berlokasi di Indonesia pada Oktober 2020 lalu.

Baca juga: Zomato Tutup Kantor di Indonesia

Kala itu, layanan berlangganan Zomato Pro dan Zomato Gold, yang memungkinkan pengguna Zomato mendapat sejumlah benefit seperti melakukan reservasi dan memilih menu makanan rekomendasi, ikut dihentikan.

Meski demikian, pengguna masih bisa mengakses layanan Zomato seperti biasa, serta menelusuri direktori restoran dan tempat makanan melalui website dan aplikasi Zomato. 

"Namun, untuk pemeliharaan konten akan langsung dilakukan dari HQ di India," jelas perwakilan Zomato Indonesia kala itu.

Penyesuaian strategi bisnis

Ilustrasi platform direktori restoran Zomato.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Ilustrasi platform direktori restoran Zomato.

Halaman:
Sumber Zomato


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com