Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Translate Makin Pintar, Sediakan Konteks Terjemahan yang Didukung AI

Kompas.com - 09/02/2023, 10:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google membuat layanan penerjemahan teks Google Translate semakin pintar. Kini, Google Translate kedatangan opsi terjemahan kontekstual baru yang didukung kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Kehadiran fitur baru tersebut diumumkan langsung oleh Product Manager Google Translate Xinxing Gu dalam sebuah postingan di blog Google.

"Hari ini, kami meluncurkan lebih banyak fitur yang didukung oleh AI untuk memberikan konteks yang lebih baik saat menggunakan Google Translate di perangkat seluler dan web," kata Gu.

Xinxing Gu mengungkapkan, dengan AI, kini, Google Translate bakal menyediakan opsi terjemahan kontekstual dengan contoh dalam bahasa terjemahan yang dimaksud. Konteks ini menjadi penting karena satu kata biasanya memiliki lebih dari satu arti.

Baca juga: Hati-hati, Situs Google Translate Palsu Bisa Curi Data Pengguna

Opsi terjemahan kontekstual baru pada Google Translate ini akan memberikan lebih banyak konteks yang lebih relevan bagi pengguna. Sehingga, penerjemahan dapat dilakukan sesuai maksud pengguna.

Dalam beberapa minggu mendatang, penerjemahan bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Jepang dan Spanyol bakal memiliki opsi terjemahan kontekstual.

Google Translate kedatangan opsi terjemahan kontekstual baru yang didukung kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).dok. Google Google Translate kedatangan opsi terjemahan kontekstual baru yang didukung kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).
Google memberi contoh, dalam skenario pengguna ingin menggunakan kata "novel" dalam bahasa Inggris, lalu diterjemahkan dalam bahasa Perancis. Ketika memasukkan kata "novel", Google Translate terlihat akan menyediakan tiga opsi penerjemahan kontekstual dari bahasa Inggris ke bahasa Perancis, seperti tangkapan layar di atas.

Terjemahan pertama "novel" adalah "roman", yang artinya tulisan fiksi. Kedua, "novel" juga bisa diterjemahkan ke dalam kata "nouveau" yang artinya adalah baru atau yang belum pernah ada sebelumnya.

Ketiga, "novel" juga memiliki arti "original" dalam bahasa Perancis, yang artinya kualitas yang unik.

Baca juga: Microsoft Teams Kini Bisa Tampilkan Transkrip Terjemahan secara Real-Time

Dari masing-masing konteks penerjemahan, pengguna bisa melihat contoh penggunaan kata tersebut dalam versi bahasa Inggris dan Perancis. Sehingga, pengguna bisa menggunakan hasil terjemahan yang sesuai dengan yang ingin diutarakannya.

Terjemahan teks dalam gambar terlihat lebih alami

Ilustrasi hasil penerjemahan teks dalam gambar lewat Google Lens. Hasil terjemahan teks terlihat lebih alami, maski di atas gambar yang rumit.dok. Google Ilustrasi hasil penerjemahan teks dalam gambar lewat Google Lens. Hasil terjemahan teks terlihat lebih alami, maski di atas gambar yang rumit.
Saat ini, Google juga memiliki Google Lens yang dapat membantu pengguna menerjemahkan teks yang ada dalam gambar.

Xinxing Gu mengungkapkan, kini, Google Lens diduung pembelajaran mesin (machine learning) tingkat lanjut agar pengguna bisa menerjemahkan teks dalam gambar yang rumit.
Dengan begitu, teks hasil terjemahan dapat terlihat dan terasa jauh lebih alami.

Menurut Gu, terjemahan teks dalam gambar yang lebih alami ini baru tersedia di ponsel Android dengan RAM 6 GB atau lebih besar.

Selain itu, Gu juga mengatakan, Google akan segera memperluas terjemahan gambar berbasis web untuk memberi pengguna lebih banyak opsi untuk menerjemahkan konten berbasis gambar terlepas dari cara pengguna menelusurinya.

Fitur baru Google Translate

Google juga menambahkan tiga fitur baru ke Google Translate. Pertama, Google Translate memiliki gestur baru untuk memudahkan penerjemahan.

Baca juga: Fakta di Balik Terjemahan Google yang Menyebar di Medsos

Misalnya, pengguna menahan tombol bahasa untuk memilih bahasa yang baru saja digunakan dengan cepat, lalu pengguna bisa mengusap layar ke bawah pada area teks layar utama untuk menampilkan dengan cepat riwayat terjemahan baru.

Menurut Gu, hasil terjemahan Google Translate sekarang juga lebih mudah dibaca, dengan font dinamis yang secara otomatis menyesuaikan saat teks diketik.

Terakhir, aplikasi Google Translate di ponsel kini kedatangan 33 bahasa tambahan di antaranya bahasa Basque, Korsika, Hawaii, Hmong, Kurdi, Latin, Luksemburg, Sunda, Yiddish, dan Zulu.

Kehadiran 33 bahasa tambahan itu, kata Xinxing Gu, bakal memberi pengguna kemampuan untuk mengunduh lebih banyak bahasa untuk digunakan saat pengguna tidak memiliki koneksi jaringan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Blog Google, Kamis (9/2/2023).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com