Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kamera Selfie Samsung Galaxy S23 Ultra Bukan 40 MP seperti S22 Ultra

Kompas.com - 09/02/2023, 11:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Galaxy S23 Ultra kini menjadi smartphone paling mumpuni keluaran Samsung. Ponsel flagship ini membawa berbagai peningkatan aspek fotografi, seperti kamera 200 MP, perekaman 8K 30 fps, serta fitur Astrography untuk mengabadikan bintang.

Namun kali ini, Samsung memilih menyertakan kamera selfie beresolusi 12 MP, turun dari resolusi kamera selfie Galaxy S22 Ultra dan S21 Ultra sebelumnya yang 40 MP.

Mobile Experience Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus mengungkapkan alasan Samsung Galaxy S23 Ultra memiliki kamera depan 12 MP, tak lagi 40 MP seperti pendahulunya.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Resmi Dirilis, Harga Galaxy S22 Series Turun hingga Rp 1,5 Juta

"Memang sekarang kamera selfie Galaxy S23 Ultra beresolusi 12 MP. Kami menilai angka 12 MP sebagai fine tune alias angka terbaik untuk kinerja terbaik" untuk foto selfie pada Galaxy S23 Ultra," kata Verry.

Pasalnya, di samping resolusinya yang diturunkan, kamera selfie 12 MP pada Galaxy S23 Ultra sebenarnya membawa peningkatan signifikan.

Verry mengungkapkan, kamera selfie 12 MP sudah didukung oleh dua foto dioda (two photodiode). Artinya, kamera depan Galaxy S23 Ultra yang kini mendukung 12 juta piksel, masing-masing pixel dikonfigurasikan oleh dua fotodioda. Sehingga kamera ini dapat menyerap lebih banyak cahaya.

"Pada saat pemrosesan gambar dengan dengan dual photodiode, sederhananya, pengguna bisa mengambil foto dan video di kondisi minim cahaya (low light) menjadi jauh lebih bagus karena kamera bisa menyerap lebih banyak cahaya," kata Verry.

Team Galaxy Dian Sastrowardoyo berpose bersama ponsel flagship Samsung Galaxy S23 Ultra varian warna Cream, saat menghadiri rangkaian avara Galaxy Unpacked 2023 di Singapura, Kamis (2/2/2023).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Team Galaxy Dian Sastrowardoyo berpose bersama ponsel flagship Samsung Galaxy S23 Ultra varian warna Cream, saat menghadiri rangkaian avara Galaxy Unpacked 2023 di Singapura, Kamis (2/2/2023).
Verry juga mengungkapkan, kamera selfie 12 MP pada Galaxy S23 Ultra sudah mendukung otofokus dual pixel (Dual Pixel Autofocus/ DPAF). Teknologi Otofokus Dual Pixel tersebut absen pada kamera selfie Galaxy S22 Ultra yang beresolusi 40 MP.

Lantas, apa keuntungan yang bakal dirasakan pengguna dengan kamera selfie 12 MP dengan Dual Pixel Autofocus pada Galaxy S23 Ultra?

Baca juga: 4 Fitur Serba Pertama di Samsung Galaxy S23 Ultra

Secara teori, teknologi Dual Pixel Autofocus dapat membuat kamera selfie Galaxy S23 Ultra menghasilkan pemfokusan yang jauh lebih cepat dan mampu mempertahankan fokus pada objek bergerak lebih cepat daripada Phase Detection autofocus (PDAF) biasa.

Dengan kata lain, begitu kamera selfie dibuka, kamera akan lebih cepat mengunci fokus pada objek yang muncul di layar.

Selain teknologi two photodiode dan Dual Pixel Autofocus, Galaxy S23 Ultra juga kini ditenagai chipset terkuat dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Chipset spesial tersebut diklaim membawa peningkatan 25 persen untuk kinerja GPU (pemrosesan grafis) dan 5 persen untuk kinerja CPU, dibandingkan chipset Snapdragon 8 Gen 2 "biasa" yang tahun ini banyak digunakan pada deretan ponsel flagship dari berbagai vendor ponsel.

Peningkatan CPU dan GPU tersebut ikut berkontribusi pada pengambilan gambar serta pemrosesan gambar pada kamera selfie 12 MP pada Galaxy S23 Ultra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com