Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy S23 Ultra Dibekali Stylus S Pen, Ini Fitur yang Dibawa

Kompas.com - 09/02/2023, 14:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S23 Ultra telah resmi debut secara global pada awal Februari lalu. Suksesor Galaxy S22 Ultra ini masih dibekali aksesori pena digital (stylus) S Pen bawaan, sebagaimana pendahulunya.

S Pen tersebut tersimpan di kompartemen kecil yang berada di sebelah kiri bagian bawah bodi ponsel. Untuk mengeluarkan S Pen, pengguna cukup menekannya sedikit ke arah dalam hingga berbunyi "klik", dan aksesori tersebut lantas bisa langsung ditarik dan siap digunakan.

Stylus S Pen di Galaxy S23 Ultra memiliki beragam fitur yang berguna untuk menunjang produktivitas pengguna sehari-hari. Misalnya, menulis atau menggambar di aplikasi Samsung Notes atau aplikasi lainnya layaknya di atas sebuah kertas.

Yang istimewa, kini, S Pen Galaxy S23 Ultra juga bisa digunakan pengguna untuk mengedit dokumen di Samsung Notes secara langsung ketika sedang rapat online di Google Meet. Hal itu dimungkinkan berkat Galaxy S23 Ultra yang sudah menjalankan sistem antarmuka terbaru Samsung, OneUI 5.1.

Baca juga: Alasan Kamera Selfie Samsung Galaxy S23 Ultra Bukan 40 MP seperti S22 Ultra

Nantinya, pengguna bisa memulai rapat online di Google Meet seperti biasa. Nah, pengguna kemudian bisa membagikan dokumen di Samsung Notes lewat fitur "Live Sharing" di Google Meet.

Setelah dokumen muncul, setiap peserta panggilan Google Meet akan dapat mengedit dokumen Samsung Notes ini dengan mudah.

Khusus bagi pengguna Galaxy S23 Ultra, mereka bisa menggunakan stylus S Pen untuk mengedit dan menambahkan anotasi, simbol, garis, tulisan, atau elemen lainnya dalam dokumen.

Nantinya, masing-masing peserta rapat dapat melihat perubahan yang dilakukan pihak lain di dalam dokumen tersebut secara langsung.

Samsung Galaxy S23 Ultra dilengkapi stylus S Pen dengan latensi 2,8 ms serta baterai 5.000 mAh.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Samsung Galaxy S23 Ultra dilengkapi stylus S Pen dengan latensi 2,8 ms serta baterai 5.000 mAh.
Mengedit dokumen Samsung Notes dengan S Pen semakin leluasa berkat adanya fitur "S Pen to Text". Dengan fitur ini, pengguna dapat menulis manual menggunakan S Pen, lalu mengubahnya menjadi teks digital.

Fitur "S Pen to text" ini memungkinkan Galaxy S23 Ultra memprediksi huruf atau kata yang ditulis pengguna, dan mengubahnya secara langsung ke teks digital tanpa harus menunggu kata atau kalimat tersebut selesai ditulis.

Fitur menyulap teks hasil coretan dari S Pen ke teks digital ini bisa dibilang berguna untuk mereka yang tidak ingin repot mengetik catatannya kembali menggunakan keyboard ponsel secara manual.

Baca juga: GALERI FOTO: Kota Singapura dalam Bidikan Kamera 200 MP Samsung Galaxy S23 Ultra

Fitur remote control

Di samping untuk menulis, mengambar, dan mengedit dokumen, S Pen Galaxy S23 Ultra juga memiliki sederet fitur lain. Misalnya, S Pen sebagai aksesori pengontrol (remote control) melalui fitur Air Command.

Ketika membuka aplikasi kamera, misalnya, tombol yang berada di S Pen bisa berfungsi sebagai tombol shutter, sehingga pengguna tak perlu repot memencet tombol shutter di layar ponsel untuk mengambil foto.

Kemudian ketika sedang mendengarkan lagu, tombol S Pen bisa digunakan untuk menyetop atau menjeda lagu, memainkan lagu selanjutnya, dan lain sebagainya. S Pen juga bisa digunakan untuk berpindah ke slide selanjutnya pada saat presentasi menggunakan Microsoft Powerpoint atau sejenisnya.

Ketika membuka aplikasi Clock, tombol S Pen juga bakal berfungsi sebagai tombol untuk menghentikan atau memulai penghitungan waktu untuk mode stopwatch.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com