Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Reno8 T 4G Punya Kamera 100 MP, Begini Hasil Fotonya

Kompas.com - 09/02/2023, 15:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Reno8 T 4G merupakan ponsel terbaru Oppo di Indonesia yang punya beragam fitur andalan.

Salah satu fitur yang jadi andalan Oppo di ponsel ini adalah fitur kamera, di mana Reno8 T 4G dibekali dengan kamera Portrait Camera dengan resolusi yang cukup besar, yaitu 100 MP (f/1.7). 

Kamera Portrait 100 MP tersebut dibekali dengan fitur Hi-res, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna menghasilkan sebuah foto dengan resolusi 100 MP (11.584 x 8.688 piksel) sungguhan.

Karena ukuran foto mode Hi-res cukup besar, maka pengguna bisa melakukan pembesaran atau pemotongan (crop) 100 persen pada foto tersebut untuk melihat beberapa detail atau objek kecil yang ada di foto.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Oppo Reno8 T 4G di Indonesia

Crop pada foto sendiri bisa dilakukan langsung di galeri ponsel dengan cara mengetuk dua kali pada hasil foto mode Hi-res yang tampil di layar. Dengan begitu, foto akan diperbesar dan ditampilkan dengan resolusi sesungguhnya.

Nah, KompasTekno sempat menjajal kebolehan kamera 100 MP di Reno8 T 4G ini untuk memotret beragam objek menggunakan mode Hi-res.  

Hasil foto kamera 100 MP mode Hi-res di Oppo Reno 8T 4G ketika memotret Tugu Api Pancasila di TMII. BIsa dilihat, hasil foto yang sudah di-crop (sebelah kanan) mampu menampilkan detail obyek Tugu Api dengan cukup baik, di mana tiang dan bagian atas Tugu Api ternyata memiliki rongga-rongga. Padahal, hal seperti ini tidak terlihat jelas di foto asli 100 MP yang ada di sebelah kiri. KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera 100 MP mode Hi-res di Oppo Reno 8T 4G ketika memotret Tugu Api Pancasila di TMII. BIsa dilihat, hasil foto yang sudah di-crop (sebelah kanan) mampu menampilkan detail obyek Tugu Api dengan cukup baik, di mana tiang dan bagian atas Tugu Api ternyata memiliki rongga-rongga. Padahal, hal seperti ini tidak terlihat jelas di foto asli 100 MP yang ada di sebelah kiri.

Secara garis besar, hasil foto mode Hi-res yang diperbesar manual atau di-crop 100 persen melalui galeri ponsel Reno8 T 4G memiliki detail yang cukup baik. 

Pada gambar sebelah kanan di atas, misalnya, objek Tugu Api Pancasila tampak masih bisa ditampilkan dengan cukup jelas apabila pengguna melakukan crop terhadap hasil foto Hi-res yang ada di sebelah kiri.

Selain itu, teknik pembesaran gambar manual di hasil foto mode Hi-res juga tampak bisa memuat tekstur di Tugu Api Pancasila, begitu juga struktur tiang tugu tersebut, yang tampak berongga.

Padahal di hasil foto kamera 100 MP Reno8 T 4G di sebelah kiri, detail-detail seperti itu tidak bisa dilihat dengan jelas, dan Tugu Api Pancasila seakan memiliki tekstur yang halus.

Hasil foto kamera 100 MP mode Hi-res di Oppo Reno 8T 4G ketika memotret obyek manusia di sekitar TMII. Bisa dilihat, hasil foto 100 MP yang sudah di-crop (sebelah kanan) bisa menampilkan obyek manusia dengan jelas. Bahkan, tulisan-tulisan yang ada di papannya bisa dibaca dengan cukup baik. Padahal di foto asli 100 MP yang ada di sebelah kiri, detail ini belum bisa dilihat dengan cukup jelas.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera 100 MP mode Hi-res di Oppo Reno 8T 4G ketika memotret obyek manusia di sekitar TMII. Bisa dilihat, hasil foto 100 MP yang sudah di-crop (sebelah kanan) bisa menampilkan obyek manusia dengan jelas. Bahkan, tulisan-tulisan yang ada di papannya bisa dibaca dengan cukup baik. Padahal di foto asli 100 MP yang ada di sebelah kiri, detail ini belum bisa dilihat dengan cukup jelas.

Ketika mode Hi-res di Reno8 T 4G digunakan untuk memotret objek manusia, ekspresi hingga detail wajah pun tampak bisa dilihat dengan cukup jelas, sebagaimana tampak pada gambar di sebelah kanan di atas.

Selain itu, tulisan "Surprised" di baju objek, begitu juga tulisan-tulisan yang ada di papan bagian belakang objek, juga bisa dibaca dengan baik.

Padahal pada foto asli Hi-res yang belum diperbesar, yaitu foto di sebelah kiri di atas, detail-detail kecil seperti ini tidak bisa dilihat sepintas mata.

Selain objek monumen dan manusia, kami juga mencoba memotret pemandangan di lingkungan padat objek dengan pencahayaan yang tidak terlalu terang menggunakan mode Hi-res di Reno8 T 4G.

Hasil foto kamera 100 MP mode Hi-res di Oppo Reno 8T 4G ketika memotret pemandangan yang banyak obyek kecil. Seperti tampak pada gambar di atas, obyek patung di sebelah kanan, yang memegang senjata dan baju adat, bisa dilihat memiliki detail yang cukup tajam. Padahal di hasil foto 100 MP yang belum di-crop, detail seperti ini tidak bisa terlihat, apalagi obyek patung tersebut berwarna hitam dan seakan memiliki tone warna gelap yang menyatu dengan obyek pohon yang ada di belakangnya. KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera 100 MP mode Hi-res di Oppo Reno 8T 4G ketika memotret pemandangan yang banyak obyek kecil. Seperti tampak pada gambar di atas, obyek patung di sebelah kanan, yang memegang senjata dan baju adat, bisa dilihat memiliki detail yang cukup tajam. Padahal di hasil foto 100 MP yang belum di-crop, detail seperti ini tidak bisa terlihat, apalagi obyek patung tersebut berwarna hitam dan seakan memiliki tone warna gelap yang menyatu dengan obyek pohon yang ada di belakangnya.

Hasilnya, objek patung di sebelah kanan pada gambar di atas, yang memegang senjata dan baju adat sembari mengalungi tas kecil, bisa dilihat memiliki detail yang cukup bagus dan bisa diamati dengan baik.

Padahal di hasil foto 100 MP yang belum di-crop pada sebelah kiri di atas, detail seperti ini tidak bisa terlihat, apalagi objek patung tersebut berwarna hitam dan seakan memiliki tone warna gelap yang menyatu dengan objek pohon yang ada di belakangnya.

Baca juga: 4 Fitur Unggulan di Oppo Reno8 T 4G yang Dibanderol Rp 4,9 Juta

Dengan hasil-hasil foto 100 MP mode Hi-res Reno8 T 4G di atas, kami bisa menyimpulkan bahwa pengguna bisa menggunakan kamera ponsel ini untuk mengabadikan beragam momen yang kaya akan detail atau objek kecil. 

Artinya, pengguna bisa melakukan pemotretan dengan Reno8 T 4G sekali saja, namun bisa melakukan crop berkali-kali dalam hasil foto tersebut untuk melihat tingkat ketajaman objek kecil di dalam foto secara detail dan terpisah.

Penasaran mencoba kamera Portrait 100 MP yang ada di Reno8 T 4G? Ponsel tersebut saat ini sudah bisa dipesan di situs Oppo.com dalam periode 7-13 Februari 2023 dengan harga Rp 4,9 juta (8 GB/256 GB).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com