Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Axiata Pastikan Luncurkan eSIM Tahun Ini

Kompas.com - 10/02/2023, 08:00 WIB
Yudha Pratomo,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

ENTIKONG, KOMPAS.com - XL Axiata akan menyusul dua operator seluler di Indonesia yakni Smartfren dan Indosat Ooredoo dengan merilis eSIM di Tanah Air. XL memastikan akan merilis produk eSIM ini pada kuartal-II (Q2) 2023.

Hal ini disampaikan oleh Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa. Menurut Gede, infrastruktur dan platform yang dimiliki XL Axiata juga sudah siap untuk merilis produk ini.

Kendati demikian, Gede tidak memberikan tanggal rinci produk eSIM XL Axiata tersebut akan diperkenalkan. Ia mengatakan produk eSIM tersebut akan diperkenalkan pada awal kuartal-II 2023.

"Kuartal-II tahun ini. Awal kuartal. Kami sudah siap," kata Gede kepada KompasTekno di sela-sela peninjauan BTS perbatasan Indonesia Malaysia, Kamis (9/2/2023).

Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa di Entikong, Kalimantan Barat. KOMPAS.com/Yudha Pratomo Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa di Entikong, Kalimantan Barat.

Baca juga: Kominfo Umumkan Penawaran Harga Lelang Frekuensi 2,1 GHz dari Telkomsel dan XL Axiata

Artinya, kemungkinan besar produk eSIM XL Axiata akan diperkenalkan di Indonesia sekitar April 2023.

Sebagai informasi, eSIM sendiri berbeda dengan kartu SIM fisik. eSIM elektronik tertanam dan terpasang langsung di dalam ponsel.

Salah satu ponsel yang mendukung eSIM adalah iPhone 13 buatan Apple. Apple bahkan merilis iPhone 14 tanpa slot kartu SIM fisik di Amerika Serikat. iPhone 14 tersebut hanya mendukung eSIM.

Per Juli 2022, menurut laporan GSMA, ada sudah ada sebanyak 260 operator seluler di 88 negara dunia yang sudah menyediakan produk eSIM dan terus bertambah. Pasar eSIM di dunia diprediksi akan meningkat lebih dari 200 persen pada akhir 2023 mendatang.

Baca juga: Apa Itu e-SIM, Bedanya dengan Kartu SIM Biasa?


Di Indonesia, Smartfren merupakan operator seluler pertama yang menawarkan teknologi e-SIM prabayar.

Teknologi e-SIM mulai banyak dikenal di Indonesia sejak iPhone X diluncurkan. Awalnya, iPhone menjadi satu-satunya smartphone yang didukung e-SIM milik Smartfren.

Pelanggan Smartfren yang ingin menggunakan e-SIM bisa terlebih dahulu mendapatkan eSIM QR code di galeri Smartfren. QR code ini dipindai untuk memasang profil pengguna SIM di perangkat. Mekanisme serupa juga berlaku untuk pelanggan Indosat Ooredoo yang hendak menggunakan eSIM.

Belum diketahui bagaimana cara registrasi eSIM untuk pelanggan XL Axiata ke depannya. Bisa jadi, mekanismenya akan hampir sama dengan Smarftren atau Indosat Ooredoo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com