Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Tak Mau Kabel Optik di IKN Nusantara Seliweran seperti di Jakarta

Kompas.com - 10/02/2023, 09:30 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

ENTIKONG, KOMPAS.com - Pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur sudah di depan mata.

Operator seluler pun turut bersiap dan memperkuat jaringan komunikasi di wilayah Kalimantan. Salah satunya adalah XL Axiata. Selain BTS, XL juga memperhatikan jaringan serat optik (fiber) yang akan dibuat dengan tidak mengganggu estetika kota.

"Kami tidak mau ibu kota baru seperti yang lama. Jakarta sekarang memang sudah semakin rapi, tapi di beberapa bagian masih banyak fiber yang berseliweran," kata Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa.

Terkait jumlah BTS, Gede menegaskan bahwa XL Axiata akan mengikuti arahan pemerintah terkait pembangunan infrastruktur telekomunikasi di IKN Nusantara.

Baca juga: XL Bangun 1.100 BTS di Kalimantan Sepanjang 2022

"Berapa pun tower yang disetujui pemerintah, sesuai dengan perkembangan. Kami akan ikuti perkembangan tersebut dan akan hadir di sana (IKN Nusantara) sebagai national operator," kata Gede saat meninjau BTS di Entikong, Kalimantan Barat, Kamis (9/2/2023).

Meski tak menyebutkan berapa BTS anyar yang disiapkan XL untuk IKN Nusantara. Namun, ia memastikan bahwa wilayah tersebut akan menjadi salah satu prioritas. Pada 2022 lalu, XL sendiri telah membangun sebanyak 1.100 BTS anyar.

Sementara jumlah BTS yang akan didirikan di IKN Nusantara masih harus menunggu penyelesaian perencanaan IKN Nusantara secara keseluruhan. Hal ini dilakukan agar nantinya jumlah BTS di IKN Nusantara bisa sesuai dengan perencanaan tersebut.

Baca juga: OpenSignal: Internet di IKN Nusantara Cukup Cepat, tapi Masih Di Bawah Jakarta

"Pembangunan tower di sana tidak bisa sembarangan. Banyak infrastruktur yang harus dibangun yang masuk dalam perencanaan kota," kata Gede kepada KompasTekno.

Untuk 2023 ini, XL menyiapkan pembangunan setidaknya 500 BTS baru di Kaliantan. Jumlah ini tidak termasuk BTS yang akan dibangun di IKN Nusantara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com