Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy S23 Punya Fitur Tersembunyi yang Cocok untuk Gamer

Kompas.com - 10/02/2023, 13:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S23 series resmi hadir sebagai suksesor dari Galaxy S22 series yang dirilis tahun 2022.

Sebagai penerus, trio Galaxy S23, Galaxy S23 Plus, dan Galaxy S23 Ultra membawa berbagai peningkatan, seperti aspek chipset yang semakin mumpuni, kamera dengan resolusi lebih tinggi, hingga baterai yang semakin besar.

Tak hanya itu, Samsung ternyata juga menyertakan satu fitur tersembunyi yang cocok bagi pengguna yang gemar bermain game mobile, bernama "Pause USB Power Delivery" untuk bypass pengisian baterai.

Fitur tersembunyi itu pertama kali ditemukan oleh YouTuber pengulas gadget, NL Tech, di pengaturan "Games Booster" pada Galaxy S23 series yang menjalankan sistem antarmuka terbaru OneUI 5.1 secara bawaan.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Dibekali Stylus S Pen, Ini Fitur yang Dibawa

Samsung Galaxy S23 series punya fitur tersembunyi Pause USB Power Delivery di Game Booster. Fitur yang cocok untuk gamer ini memungkinkan pengguna untuk bypass pengisian baterai. Sehingga ponsel menghasilkan lebih sedikit panas menghasilkan lebih sedikit panas ketika charger dicolok ke ponsel Galaxy S23 series.YouTube/ NL Tech Samsung Galaxy S23 series punya fitur tersembunyi Pause USB Power Delivery di Game Booster. Fitur yang cocok untuk gamer ini memungkinkan pengguna untuk bypass pengisian baterai. Sehingga ponsel menghasilkan lebih sedikit panas menghasilkan lebih sedikit panas ketika charger dicolok ke ponsel Galaxy S23 series.
Fitur Pause USB Power Delivery memiliki keterangan berbunyi:

To prevent phone heating, pause charging when a USB Power Delevery-enabled charger is connected and the battery is over 20 percent. (Untuk mencegah pemanasan ponsel, jeda pengisian daya saat pengisi daya yang mendukung Pengisian Daya USB tersambung dan baterai lebih dari 20 persen).

Dari keterangan itu, fitur "Pause USB Power Delivery" disarankan untuk diaktifkan saat ponsel memiliki baterai lebih dari 20 persen.

Ketika fitur "Pause USB Power Delivery" diaktifkan, ponsel Galaxy S23 series memungkinkan memasok daya input langsung ke prosesor, tidak melewati komponen baterai terlebih dahulu. Dengan kata lain, baterai ponsel tidak akan terisi atau bertambah saat fitur tersebut aktif.

Menurut NL Tech, skema ini bakal menghasilkan lebih sedikit panas pada ponsel. Ini bakal membuat gamer lebih nyaman ketika bermain game di ponsel sambil mencolok charger pada ponsel Galaxy S23 series.

Menurut eksperimen NL Tech dalam video YouTube-nya, Galaxy S23 Ultra tercatat mengonsumsi daya sebesar 17W saat fitur bybass baterai dimatikan. Namun, saat fitur "Pause USB Power Delivery" aktif, Galaxy S23 series tercatat mengonsumsi daya 6W saja, seperti gambar di bawah.

Dengan kata lain, ponsel bisa semakin hemat daya saat fitur bybass baterai diaktifkan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari channel YouTube NL Tech, Jumat (10/2/2023).

Di samping itu, fitur "Pause USB Power Delivery" ini disebut bisa menjaga kesehatan baterai dalam jangka panjang. Sebab, fitur ini membuat baterai ponsel tidak diisi terus menerus. Hal ini dapat mengurangi siklus pengisian baterai, yang akhirnya dapat membuat baterai tetap sehat dalam jangka panjang.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Ultra Punya Fitur Astrography untuk Foto Bintang

Ilustrasi konsumsi daya Galaxy S23 Ultra lebih hemat (6W) saat fitur Pause USB Power Delivery aktif (kanan). Ketika fitur dinonaktifkan, konsumsi daya tercatat di angka 17W.YouTube/ NL Tech Ilustrasi konsumsi daya Galaxy S23 Ultra lebih hemat (6W) saat fitur Pause USB Power Delivery aktif (kanan). Ketika fitur dinonaktifkan, konsumsi daya tercatat di angka 17W.
Fitur Galaxy S23 lain untuk gamer

Selain aspek baterai, GalaxyS23 series kini juga sudah diotaki oleh chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy bikinan Qualcomm.

Chipset itu membawa peningkatan kinerja GPU hingga 45 persen dibanding Snapdragon 8 Gen 2 "biasa". Kecepatan CPU Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy mencapai angka 3,36 GHz. Angka tersebut melampaui kecepatan clock Snapdragon 8 Gen 2 "biasa" yang sebesar 3,2 GHz.

Khusus untuk peningkatan GPU pada Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, hal ini memungkinkan Galaxy S23 series menampilkan grafis yang memanjakan mata, terutama ketika pengguna bermain mobile game.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com